Ini Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih, Terbukti Aman dan Mudah

Novie Fauziah ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:03:00 WIB
Ini Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih, Terbukti Aman dan Mudah
Ilustrasi Benjolan di Leher. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Benjolan di leher bisa diakibatkan berbagai faktor. Salah satu yang umum ditemukan adalah karena adanya pembengkakan pada kelenjar atau umumnya disebut dengan penyakit gondok. Lantas bagaimana cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih? 

Perlu diketahui benjolan di leher kebanyakan disebabkan adanya kelenjar tiroid tumbuh lebih besar, serta kekurangan yodium. Alhasil benjolan di leher kerap disebut sebagai penyakit gondok.

Dikutip dari laman National Library of Medicine, penderita penyakit gondok umumnya datang ke fasilitas rawat jalan dengan berbagai keluhan. Gondok mencakup banyak penyebab dan morbiditas yang berbeda, dan diagnosis yang akurat sangat penting untuk pendekatan pengobatan yang tepat.

Saat mengkaji penyebab terjadinya gondok ini juga terbukti berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam obat-obatan tradisional yang dipercaya bisa mengobati gondok dan sudah dibuktikan tim interprofessional dari berbagai spesialisasi. Salah satunya adalah menggunakan daun sirih. 

Lalu bagaimana cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih?

Pertama-tama pilih daun sirih yang bagus, kemudian bersihkan lebih dulu dengan cara mencucinya di air mengalir. Setelah itu, siapkan air putih dan masukan daun sirih ke dalamnya, lalu didihkan.

Diamkan beberapa saat, sampai terlihat sari-sari daun sirih itu keluar dan warna airnya sedikit berubah, serta tercium aroma khas daun tersebut. Selanjutnya saring air tersebut, dan tuangkan ke dalam wadah seperti gelas atau baskom kecil.

Biarkan beberapa saat agar air rebusan daun sirih itu jadi agak dingin. Selanjutnya, oleskan rebusan air daun sirih itu ke benjolan di leher Anda. Lakukan berulang dan setiap harinya, sampai terlihat hasilnya yaitu kelenjar atau gondokannya lebih mengecil.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda