Jangan Disepelekan! Ini 4 Cara Mengobati Sariawan di Lidah yang Ampuh

Kevi Laras Wana · Sabtu, 13 Agustus 2022 - 10:20:00 WIB
Jangan Disepelekan! Ini 4 Cara Mengobati Sariawan di Lidah yang Ampuh
Cara mengobati sariawan di lidah (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa cara mengobati sariawan di lidah yang ampuh. Meskipun terkadang sariawan bisa hilang dengan sendirinya. 

Sariawan tidak hanya muncul di permukaan bibir. Faktanya, sariawan juga biasa muncul di lidah atau langit-langit mulut yang membuat tidak nyaman. 

Ketika mengalami sariawan, terkadang rasanya menyakitkan dan dapat membuat makan dan berbicara menjadi sulit. Secara umum, sariawan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. 

"(Sariawan) bisa terjadi pada siapa saja," kata Erich Voigt, MD, direktur divisi otolaryngology umum di NYU Langone Medical Center, dilansir dari Self, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Dia menjelaskan, sariawan bisa berbentuk bulat atau lonjong dengan bagian tengah berwarna putih atau kuning dan tepi berwarna merah. "Ada banyak pemicu yang berbeda, seperti trauma lokal, menggigit pipi, atau reaksi terhadap makanan tertentu ,” kata Dr Voigt. 

Jika mengalaminya, tentu Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengobati sariawan di lidah? Berikut ulasannya, seperti dirangkum pada Sabtu. 

Anestesi topikal 

Cara mengobati sariawan di lidah bisa dengan menggunakan anastesi topikal. Misalnya saja, seperti benzokain. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda