7 Cara Mudah Mengusir Tikus Tanpa Gunakan Bahan Kimia

Dyah Ayu Pamela ยท Sabtu, 23 Januari 2021 - 21:58:00 WIB
7 Cara Mudah Mengusir Tikus Tanpa Gunakan Bahan Kimia
Ada cara mudah mengusir tikus. (Foto: Nozzle Nolen)

JAKARTA, iNews.id – Cara mengusir tikus berikut akan membantu Anda yang terganggu dengan hewan pengerat tersebut. Cukup dengan bahan sederhana dan tanpa kimia, tikus yang mengganggu pun tak akan ada lagi di rumah. 

Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengusir tikus, seperti dirangkum iNews.id pada Sabtu (23/1/2021).

1. Gunakan minyak peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus karena hewan ini tidak tahan bau yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint, yaitu dengan mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint, lalu menempatkannya di daerah rawan tikus. Selain minyak peppermint, Anda juga juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

2.  Gunakan bubuk cabai dicampur deterjen dan air

Cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur lagi dengan air. Taruh ketiga campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Anda bisa menyemprotkan cairan ketika tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus karena tikus akan merasa panas dan kemudian lari.

3. Gunakan baking soda

Baking soda bisa menjadi cara mengusir tikus secara alami. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda, yaitu dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus. Melahap makanan yang sudah diberi soda akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati, tetapi akan lari ke ruang terbuka sebelum mati sebab menahan gas tersebut.

4. Manfaatkan kulit telur

Selain menggunakan racun tikus, cara mengusir tikus di rumah dengan menggunakan kulit telur. Caranya adalah haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus. Tikus pun akan kabur dan lari. 

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2