Catat Ini Gejala Anak Terkena Polio, Waspada saat Demam dan Nyeri 

kevi laras · Minggu, 27 November 2022 - 12:50:00 WIB
Catat Ini Gejala Anak Terkena Polio, Waspada saat Demam dan Nyeri 
Ilustrasi anak derma yang menjadi salah satu gejala polio. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Saat ini penyakit polio kembali menjadi sorotan, pasalnya ada lebih dari 3 kasus ditemukan di Aceh. Berkaca dari kasus tersebut, orang tua kembali diminta waspada jika anak-anak mengalami gejala demam atau nyeri di bagian tubuh. 

Sampai saat ini polio memang tidak memiliki gejala secara spesifik, namun bisa berakibat fatal pada anak-anak. Ditambah lagi pemahaman masyarakat, khususnya orang tua terkait penyakit ini masih minim. 

Dokter anak Dr Johanes Eddy Siswanto, dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional RSAB Harapan Kita mengungkap ada gejala yang umumnya muncul pada pasien positif polio. Gejala yang terbilang ringan, tapi bila dialami kurang lebih 2 hari dan tidak dibawa ke Rumah Sakit fatal akibatnya. Anak tersebut bisa mengalami kelumpuhan.

Berikut ini gejala penyakit polio yang patut diwaspadai: 

  • Demam
  • Rewel
  • Nyeri di bagian tungkai
  • Kaku dileher dan bagian tubuh lainnya
  • Diare
  • Muntah

"Kalau ada demam berkelanjutan, anak sudah lemas, diare, muntah-muntah, 2 hari tidak ada perbaikan seharusnya segera di rumah sakit. Jika dideteksi lebih awal bisa dicegah. Kalau dibiarkan saja bisa mengalami kelumpuhan," kata dr Johanes Eddy Siswanto dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, dikutip Minggu (27/11/2022)

Terkait dengan penyakit polio, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyampaikan akan segera melaksanakan vaksinasi massal di Kabupaten Pidie, Aceh. Hal ini dilakukan akibat temuan kasus baru yang dinyatakan positif polio.

Hadirnya kasus olio di Aceh, disesali oleh Budi karena masih banyak salah persepsi terkait vaksinasi polio. Ditambah banyaknya informasi salah di tengah masyarakat, menambah asumsi negatif terhadap vaksinasi olio.

Padahal dampak terberat dari polio, dikatakan Budi mampu menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak. Bahkan kasus ini bisa menyebar, dan menciptakan kasus baru di tengah masyarakat.

"Iya masih tiga kasus di Pidie. Itu rencananya Senin (28/11/2022) akan vaksinasi massal," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin disela-sela acara Indonesian Society of Interventional Cardiology Annual Meeting, belum lama ini. 

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda