Cegah Penularan Covid-19, Pakai Masker Kain Maksimal 3 - 4 Jam

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 15 April 2020 - 10:23:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Pakai Masker Kain Maksimal 3 - 4 Jam
Masker kain hanya digunakan selama empat jam (Foto : BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) adalah memakai masker. Perlu diingat, memakai masker berbahan kain tidak boleh lebih dari empat jam.

"Masker dari bahan kain, maksimal pemakaiannya tiga sampai empat jam. Jika dirasa sudah basah, sebaiknya langsung diganti," kata Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. drh. Wiku Adisasmito M.Sc, Ph.D, saat konferensi virtual di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Dr Wiku menambahkan, cara membuka masker kain juga tidak boleh sembarangan. Kondisi tangan harus bersih lalu lepas dari sisi satu secara perlahan ke sisi lainnya, kemudian masukkan ke dalam plastik dan ditutup rapat.

"Pertama, tangan harus bersih, kemudian lepas pengait yang ada di salah satu telinga secara perlahan ke sisi telinga lainnya. Kemudian kita masukkan ke dalam plastik. Tutup rapat agar masker tidak tersentuh lagi," katanya.

Setelah memasukkan masker ke dalam plastik, tangan kita bekas membuka masker harus dicuci bersih menggunakan sabun. Kalaupun tidak ada sabun, memakai hand sanitizer juga tidak apa-apa.

"Kita tidak tahu di masker tersebut ada virus corona atau tidak. Jadi, sehabis membuka masker, harus cuci tangan pakai sabun atau minimal pakai hand sanitizer," kata Dr Wiku.

Masker kain yang sudah dibungkus plastik tersebut juga jangan langsung dibuang dan bisa dicuci untuk kemudian dipakai ulang. Cara mencucinya pun mudah, seperti mencuci pakaian pada umumnya.

"Masker yang bekas pakai jangan dibuang. Bisa dicuci dan dipakai ulang. Cara mencucinya sama dengan mencuci baju seperti biasa, tapi jangan disatukan. Harus dicuci terpisah," ujar Dr Wiku.

Editor : Vien Dimyati