Cegah Tertular Covid-19 Jenis Baru, Pakai Masker Jangan Asal Nempel 

Muhammad Sukardi · Jumat, 05 Maret 2021 - 21:15:00 WIB
Cegah Tertular Covid-19 Jenis Baru, Pakai Masker Jangan Asal Nempel 
Pilih dan gunakan masker dengan benar yaitu menutupi mulut dan hidung agar jangan asal menempel. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Mutasi virus corona B117 asal Inggris, yang merupakan Covid-19 jenis baru jadi ancaman nyata masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Ini setelah terdeteksi dua kasus B117 asal Inggris di Tanah Air. 

Masyarakat pun diminta untuk semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak setidaknya 2 meter antarorang, menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. 

Meski demikian, ancaman B117 tak perlu disikapi dengan panik dan khawatir berlebihan. Sebab, varian B117 asal Inggris yang dibawa TKW Karawang dari Arab Saudi tidak terbukti menyebabkan gejala infeksi lebih parah. 

Bagaimana cara mencegahnya? Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi, menjelaskan salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat adalah memastikan penggunaan masker dengan benar, yaitu menutupi mulut dan hidung. Pemilihan jenis masker yang tepat pun harus diperhatikan sebagai upaya mencegah paparan B117. 

"Tidak usah resah, tapi tetap waspada. Kuatkan proteksi diri dengan 3M. Pilih masker yang benar, jangan asal sembarangan saja pakai masker," ujar Oscar dalam program Siaran Radio Kesehatan, Jumat (5/3/2021). "Jadi, pakai masker jangan asal nempel, ya." ujarnya lagi.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2