Cegah Virus Corona, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Siska Permata Sari ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 11:45 WIB
Cegah Virus Corona, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Wortel menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Gizi dan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Apalagi di musim pandemi virus corona (Covid-19), di mana imunitas tubuh yang baik sangat penting untuk upaya pencegahan.

Ada makanan-makanan mengandung nutrisi tertentu yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan tersebut juga dapat mencegah Anda masuk angin dan flu.

Berikut ini lima jenis nutrisi yang perlu dipenuhi untuk sistem kekebalan tubuh Anda, seperti dirangkum dari Very Well Health, Jumat (27/3/2020).

1. Vitamin C

Di urutan pertama ada vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Inilah  yang membantu melawan radikal bebas, sejenis molekul tidak stabil yang dikenal merusak sistem kekebalan tubuh. Untuk menambah asupan vitamin C, konsumsilah buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan sayuran brokoli.

2. Vitamin E

Selanjutnya adalah vitamin E yang mengandung antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan mempertahankan kadar vitamin E yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, terutama di kalangan orangtua. Makanan-makanan yang mengandung vitamin E di antaranya kacang almond, biji bunga matahari, selai kacang, sayur-sayuran seperti bayam, lobak hijau, dan brokoli.

3. Zinc

Zinc atau seng adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi sel-sel kekebalan tertentu. National Institutes of Health (NIH) memperingatkan bahwa kadar seng yang sedikit sekalipun dapat merusak fungsi kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mendapatkan mineral penting ini dengan makanan-makanan seperti tiram, kacang panggang, kacang mete, kismis dan buncis.

4. Karotenoid

Jenis antioksidan lain, karotenoid adalah kelas pigmen yang ditemukan secara alami di sejumlah tanaman. Ketika dikonsumsi, karotenoid dikonversi menjadi vitamin A, yang mengatur sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin A di makanan-makanan seperti wortel, kubis, aprikot, pepaya, dan mangga.

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang dikenal untuk menekan peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa omega-3 dapat melindungi Anda terhadap gangguan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menemukan asam lemak omega-3 di ikan-ikanan seperti makarel, tuna, salmon, sarden, herring, dan trout.


Editor : Tuty Ocktaviany