Cegah Virus Korona, Ini Cara Pakai dan Melepas Masker yang Benar

Siska Permata Sari ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 18:04 WIB
Cegah Virus Korona, Ini Cara Pakai dan Melepas Masker yang Benar

Para pengunjung mengenakan masker saat melihat model pesawat Airbus saat Singapore Airshow di Singapura, 11 Februari 2020. (FOTO: AFP/Roslan Rahman)

JAKARTA, iNews.id - Masker menjadi salah satu benda yang banyak dicari dan dikenakan masyarakat belakangan ini. Hal tersebut terkait dengan beredarnya coronavirus disease atau COVID-19 (sebelumnya disebut 2019-nCoV) di daratan China dan puluhan negara lainnya.

Menurut laporan terbaru dari Worldometer, kasus virus korona baru tersebut saat ini sudah mencapai lebih dari 60.000 kasus dengan 1.369 kematian.

Sementara itu masker dibutuhkan untuk mencegah penularan COVID-19, asalkan dengan penggunaan yang benar, mulai dari cara pakai dan hingga melepas. Mengingat virus ini diduga menular melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

“Cara menggunakan masker (bedah) yang benar itu, yang hijau harus berada di luar, karena ini kan yang waterproof. Jadi saat terpercik cairan (batuk atau bersin), tidak akan menempel,” kata dr Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor dalam acara konferensi pers Good Doctor Technology Indonesia di Menteng, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Selanjutnya, kaitkan karet di belakang telinga dan menyesuaikan masker dengan bentuk wajah dengan menekan kawat tipis di hidung. Kemudian, panjangkan lekukan masker hingga menutupi area hidung, mulut dan dagu.

Serupa dengan pemakaian, cara melepas masker juga tak kalah penting. Hal ini demi memaksimalkan pencegahan COVID-19.

“Kalau melepas masker, jangan asal dilepas begitu saja. Sangat dianjurkan melepaskan masker dari kaitannya dan hindari memegang dari bagian depan,” kata dia.

Hal tersebut untuk menghindari penularan virus dan kuman dari bagian depan masker ke tangan. Oleh sebab itu, cara yang benar yakni pegang kedua karet yang menempel di telinga dan lepaskan dari telinga.

“Setelah melepas masker, lalu dibuang di tempat sampah dan lebih bagus lagi jika sehabis itu mencuci tangan,” katanya.

Dia juga menyarankan untuk pemakaian masker (bedah/sekali pakai) tersebut maksimal digunakan selama delapan jam atau tidak lebih dari sehari. “Jangan lebih dari satu hari,” ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany