Covid-19 Jenis Baru Lebih Menular, Epidemiolog: Tingkatkan 3T, Pekuat 5M

Siska Permata Sari · Selasa, 02 Maret 2021 - 18:52:00 WIB
Covid-19 Jenis Baru Lebih Menular, Epidemiolog: Tingkatkan 3T, Pekuat 5M
Covid-19 jenis baru merupakan ancaman serius yang harus ditangani dengan tepat, yaitu meningkatkan 3T (tracing, testing, treatment) disertai isolasi karantina dan 5M. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Tepat di satu tahun adanya Covid-19 di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengumumkan dua kasus pertama mutasi strain baru B177 dari Inggris. Menanggapi hal ini, Epidemiolog dari Griffith University Australia dr Dicky Budiman mengaku sudah tidak kaget lagi. 

Sebab, pada akhir 2020 serta Januari lalu,  dia telah memprediksi pada 2021 akan banyak strain baru Covid-19 yang lebih mudah menular daripada sebelumnya. 

“Sudah saya sampaikan ini hanya masalah waktu saja ketemu (kasus dengan strain baru). Dan ketika ketemu, itu bukan berarti hanya dua, tidak, tapi sudah dimana-mana, dan ini saya harus sampaikan. Karena, strategi testing, tracing kita yang tidak memadai,” ujarnya saat dihubungi lewat pesan singkat, Selasa (2/3/2021). 

Tidak hanya lebih mudah menular, dr Dicky juga mengungkapkan bahwa strain baru Covid-19 menyebabkan angka kematian meningkat. “Betul strain baru ini lebih cepat menular dan 30 persen lebih cepat menyebabkan kematian,” kata dia. 

Menurutnya, strain baru merupakan ancaman serius yang harus ditangani dengan tepat, yaitu meningkatkan 3T (Tracing, Testing, Treatment) disertai isolasi karantina.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2