Dokter Hewan Ternyata Juga Punya Gelar Spesialis, Begini Penjelasannya

Novie Fauziah ยท Rabu, 07 September 2022 - 20:08:00 WIB
Dokter Hewan Ternyata Juga Punya Gelar Spesialis, Begini Penjelasannya
Podcast Aksi Nyata bahas seputar kesehatan hewan. (Foto: YouTube Partai Perindo)

JAKARTA, iNews.id - Seperti kita semua tahu, banyak dokter yang memiliki gelar spesialis untuk menangani penyakit-penyakit tertentu. Nah, sama seperti dokter yang menangani manusia, dokter hewan juga memiliki spesialisasi khusus, lho!

Hal tersebut diungkapkan oleh drh Ana Neli Rahma dalam Podcast Aksi Nyata. Dia mengatakan, gelar spesialis dalam ranahnya itu cukup banyak.

"Sebenarnya dokter hewan juga ada spesialisasinya, karena kalau kita bandingkan dengan dokter manusia itu hanya satu. Sedangkan hewan jenisnya banyak. Jadi, spesialisasinya juga banyak sekali," kata drh Ana dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (7/9/2022).

Dia menjelaskan, dokter hewan pun terbagi ke dalam tiga kelompok. Pertama, dokter hewan liar, biasanya menangani binatang-binatang buas dan liar seperti harimau, buaya, gajah, jerapah hingga kuda.

Kemudian, ada dokter hewan peliharaan, yang pada umumnya menangani binatang peliharaan seperti kucing, anjing hingga kelinci. Lalu terakhir, adalah dokter spesialis untuk hewan ternak, seperti kambing, domba, sapi dan kerbau.

"Nanti ada lagi disebutnya dokter eksotik, biasanya menangani hewan seperti ular, burung," ujar drh Ana.

Tak hanya itu, peran dokter hewan juga sangat penting guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit yang berasal dari binatang liar, peliharaan maupun ternak.

Jika penyebaran itu sudah terjadi, maka peran dokter hewan adalah melakukan kuratif atau penyembuhan penyakit, pengobatan, hingga melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Dokter sebagai preventif atau garda terdepan agar penyakit-penyakit itu tidak menular," katanya.

Editor : Siska Permata Sari

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda