Dokter Tegaskan Resep Obat Covid-19 Air Kelapa Dicampur Garam dan Jeruk Nipis Hoaks!

Muhammad Sukardi ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 12:50:00 WIB
Dokter Tegaskan Resep Obat Covid-19 Air Kelapa Dicampur Garam dan Jeruk Nipis Hoaks!
Dokter tegaskan resep air kelapa, jeruk nipis dan garam hoaks sebagai obat Covid-19. (Foto: indoindians)

JAKARTA, iNews.id - Resep obat Covid-19 banyak beredar di media sosial, termasuk melalui pesan berantai WhatsApp. Salah satu yang cukup menyita perhatian yaitu ramuan air kelapa dicampur dengan jeruk nipis dan garam. 

Pesan berisi resep obat Covid-19 tersebut diklaim bersumber dari seorang teman di Bau Bau Sulawesi Tenggara. Resep herbal itu bahkan diklaim manjur sembuhkan Covid-19 dan bisa bunuh virusnya hanya dalam waktu 1 jam.

Akan tetapi, dengan tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Profesor Zubairi Djoerban, menyangkalnya. Menurut dia, informasi yang tersebar ini sepenuhnya tidak benar alias hoaks. 

"Contoh WhatsApp tak bertanggung jawab. Tentang air kelapa yang diklaim bisa sembuhkan Covid-19. Ini klaim palsu," ujarnya dikutip dari Twitter, Rabu (21/7/2021). 

Prof Beri, sapaan akrabnya mengungkapkan, klaim yang tidak palsu terkait Covid-19 adalah memakai masker, menghindari kerumunan, dan divaksinasi. "Kemudian, sering minum air kelapa. Itu baru sehat dan bisa menurunkan tekanan darah," katanya. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda