Gara-Gara Terinfeksi Covid-19, Pria Ini Alami Ereksi selama 4 Jam

Siska Permata Sari ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 09:31 WIB
Gara-Gara Terinfeksi Covid-19, Pria Ini Alami Ereksi selama 4 Jam

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga kini di banyak negara. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Seorang pria asal Prancis yang terinfeksi Covid-19 telah mengalami komplikasi aneh terkait virus tersebut. Pria berusia 62 tahun itu mengalami ereksi selama empat jam setelah dirawat di rumah sakit karena virus corona baru tersebut.

Menurut laporan kasus dalam edisi terbaru The American Journal of Emergency Medicine, dua hari yang lalu pasien itu mendatangi rumah sakit dan mengeluh mengalami beberapa gejala Covid-19. Di antaranya kekurangan energi, demam, batuk kering, dan diare.

Setelah keluhan itu, pasien tersebut diberikan antibiotik, tetapi dua hari kemudian menderita sesak napas. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit dan memakai ventilator. 

Setelah perawatan untuk komplikasi lain, pemeriksaan seluruh tubuh menemukan adanya ‘priapisme yang sebelumnya tidak teridentifikasi’. Dalam kata lain, pasien itu mengalami ereksi persisten.

Bukan jenis ereksi biasa, dokter menemukan bahwa itu disebabkan oleh pembekuan darah. Ini adalah salah satu dari gejala lain dari Covid-19.

Tim medis kemudian mengompresnya dengan es dan mengeluarkan darahnya dengan jarum. Selang empat jam kemudian, priapismenya atau ereksi berkepanjangan itu hilang. 

“Presentasi klinis dan laboratorium pada pasien kami sangat menyarankan priapismus terkait infeksi SARS-CoV-2," tulis laporan tersebut seperti dikutip dari News Hub, Minggu (5/7/2020).

Dia menyarankan, adanya kasus langka ini bisa menambahkan kewaspadaan pada tenaga medis untuk memperhatikan komplikasi pada pasien Covid-19.

“Keadaan darurat medis ini harus dikenali oleh para profesional kesehatan dan segera dirawat untuk mencegah komplikasi fungsional segera dan kronis,” tulisnya.

Editor : Tuty Ocktaviany