Ikan Channa, Ikan Gabus Hias Harga Selangit dan Manfaatnya

Inas Rifqia Lainufar ยท Minggu, 31 Juli 2022 - 23:43:00 WIB
Ikan Channa, Ikan Gabus Hias Harga Selangit dan Manfaatnya
Ikan Channa, ikan gabus hias harga selangit dan manfaatnya (Foto: Nakama Aquatics)

JAKARTA, iNews.id - Simak beragam jenis ikan Channa, ikan gabus hias harga selangit dan manfaatnya. Ikan ini banyak diburu oleh pecinta ikan gabus karena keindahan corak fisiknya.

Di tahun 2021, popularitas ikan Channa di Indonesia begitu melambung tinggi.

Sejumlah komunitas pecinta ikan Channa bahkan bertebaran hingga saat ini.

Lantas, apa yang membuat ikan tersebut begitu digemari? Simak ulasan lengkapnya mengenai macam-macam ikan Channa sebagai ikan gabus hias harga selangit dan bermanfaat berikut ini.

Jenis-jenis ikan Channa, ikan gabus hias harga selangit dan manfaatnya

1.Ikan Channa Marulioides

ikan Channa Marulioides memiliki corak tubuh yang begitu indah.
Tubuhnya, terutama di bagian bawah didominasi dengan warna oranye kekuningan.

Ikan Channa Marulioides berukuran cukup panjang, yakni sekitar 65 cm. Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan di Thailand, Malaysia dan Indonesia atau tepatnya di Kalimantan Barat.

Apabila tertarik, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp100 ribu hingga Rp200 untuk ikan yang berukuran kecil dan Rp400 hingga Rp800 ribu untuk ikan Channa Marulioides dewasa.

2.Ikan Channa Aurantimaculata

Aurantimaculata berasal dari bahasa Latin, yang mana ‘aurantium’ berarti 'oranye' dan ‘maculatus’ berarti 'totol'. Nama tersebut dipilih karena ikan Channa jenis ini memiliki tubuh berwarna kecoklatan dengan bercak-bercak berwarna oranye.

Ikan yang berhabitat asli di sungai Brahmaputra, Assam, India tersebut memiliki tubuh berukuran 35 sampai 40 cm. Memiliki ciri fisik yang cantik, tak heran jika ikan Channa Aurantimaculata dibanderol dengan harga, mulai dari Rp250 ribu hingga Rp2 juta lebih per ekor.

Namun sayangnya, ikan jenis ini terancam punah karena banyak perburuan besar-besar yang dilakukan oleh manusia.

3.Ikan Channa Stewartii

Ciri khas dari ikan Channa jenis ini terletak pada sirip dada yang berwarna hijau kebiruan dengan bintik-bintik hitam dan coklat di seluruh tubuh. Warna hijau kebiruan yang tampak terang menyala di tempat gelap saat terkena cahaya semakin menambah kecantikan dari ikan Channa Stewartii.

Ikan ini diketahui berasal dari Asia Tenggara dengan ukuran paling kecil sekitar 5 sampai 7 cm.
Jika ingin memilikinya, kamu harus merogoh kocek antara Rp250 ribu hingga jutaan rupiah. 

4.Ikan Channa Argus

Ikan Channa Argus memiliki tubuh yang berwarna coklat pucat-keemasan dengan bintik-bintik yang sangat indah.

Berukuran sekitar 44 sampai 72 cm, ikan ini begitu tahan dengan suhu yang amat dingin, yakni suhu yang mencapai 0 hingga -30 derajat celcius.

Tak heran apabila ikan jenis ini juga bisa hidup di bawah lapisan es. Jenis ikan ini bisa ditemukan di Tiongkok, Siberia bagian selatan, Korea Utara, Jepang, Amerika Utara, dan Asia Tengah.

Ikan Channa Argus dibanderol dengan harga Rp700 ribu untuk yang berukuran 20 cm dan Rp1,5 juta untuk yang berukuran 25 sampai 30 cm.

5.Ikan Channa Barca

Jenis ini merupakan ikan Channa yang paling banyak diburu dan disebut-sebut sebagai ikan Channa yang paling mahal.
Tak tanggung-tanggung, Channa Barca di India dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1 juta untuk yang berukuran 1 cm dan Rp15 juta hingga Rp55 juta untuk Channa Barca dewasa.

Ikan ini bahkan ada yang dijual dengan harga Rp90 juta per ekor.
Harga yang mahal tersebut berasal dari cantiknya corak fisik yang dimiliki, dimana sirip dada Channa Barca berwarna kuning kehijauan dan kepalanya dipenuhi bintik-bintik hitam.

Ketika terkena cahaya di malam hari, perut ikan ini akan berubah warna menjadi hijau tosca. Ikan yang berasal dari Sungai Brahmaputra, Assam Utara dan Nagaland, India ini memiliki panjang tubuh maksimal mencapai 105 cm. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda