Ini Alasan Ibu Menyusui Tidak Lancar Mengeluarkan ASI, Stres Salah Satu Penyebabnya

Syifa Fauziah ยท Selasa, 27 September 2022 - 18:19:00 WIB
Ini Alasan Ibu Menyusui Tidak Lancar Mengeluarkan ASI, Stres Salah Satu Penyebabnya
Ilustrasi ibu memberikan ASI Eksklusif. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kesehatan anak dalam keluarga sebagian besar dipengaruhi oleh peran seorang ibu. Bahkan sejak anak lahir, ibulah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan buah hatinya lewat pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif. 

Pemberian ASI eksklusif juga sangat penting untuk mencegah anak stunting. Menurut data dari BKKBN, Indonesia ternyata masuk dalam daftar dengan angka stunting tertinggi di Asia Tenggara, yakni 24 persen pada 2021. Untuk itulah peran ibu memberikan ASI eksklusif sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Faktanya menjalani peran sebagai ibu menyusui ternyata tak mudah. Ibu menyusui juga harus menjaga kesehatan diri dan mentalnya agar tidak stres. Konon ibu menyusui yang stres akan memengaruhi jumlah ASI yang dikeluarkan untuk sang bayi. 

Hal itu pun diakui konselor Laktasi, dr, Nadia Utami Putri Nadia dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Peringati Breastfeeding Week 2022. Dia mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan ASI tak keluar, salah satunya asupan gizi ibunya kurang, MPASI tidak cukup, faktor kemiskinan, sanitasi dan lain sebagainya. Dan biasanya hal itu terjadi di 1.000 hari pertama kehidupan. 

“Jadi sebenarnya untuk mengatasi itu, selain memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, ibu juga harus mengonsumsi gizi yang seimbang. Dalam satu piring harus ada karbo, protein, lemak, dan minum yang cukup. Banyak yang salah kaprah. Menyuruh ibu menyusui makan apa saja tapi asupan gizinya nggak bagus. Jadi sama aja,” ujar dokter Nadia. 

Puspa Dewi memberikan penjelasan tentang manfaat ASI. (Foto: istimewa)
Puspa Dewi memberikan penjelasan tentang manfaat ASI. (Foto: istimewa)

Sejalan dengan dr Nadia, mantan penyanyi Puspa Dewi juga mengakui ibu menyusui membutuhkan banyak bantuan dari orang terdekat. Bukan hanya dalam hal menyiapkan makanan bergizi untuk sang ibu, tetapi juga dukungan mental agar tidak stres saat menyusui. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda