Ini Penjelasan Dokter, Beda Gejala Varian Covid-19 dengan Flu Biasa!

kevi laras ยท Kamis, 03 Maret 2022 - 18:00:00 WIB
Ini Penjelasan Dokter, Beda Gejala Varian Covid-19 dengan Flu Biasa!
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini perkembangan kasus Covid-19 memicu sejumlah pertanyaan di tengah masyarakat. Salah satunya, pertanyaan mengenai apa berbeda gejala varian Omicron dengan flu biasa?

Akan tetapi ternyata gejala Covid-19 dengan flu biasa, pada dasarnya sama. Sehingga secara umum masyarakat tidak dapat membedakannya.

dr Adam Prabata, seorang dokter umum mengatakan untuk mengetahui lebih jelas apakah gejala yang dialami merupakan Covid-19 varian Omicron atau flu membutuhkan pengecekan lebih lanjut. Dalam hal ini, dia mengatakan testing Covid-19, seperti PCR atau Antigen dapat memastikan seseorang terkena virus atau tidak.

"Secara umum gejala omicron atau varian COVID-19 yang lainnya dengan flu biasa itu kurang lebih sama," kata dr Adam Prabata dalam akun Instagram pribadinya @adamprabata, Kamis (3/3/2022)

Lebih jauh, dia mengatakan sejumlah gejala yang biasa timbul, misalnya demam, kelelahan, batuk, pilek atau nyeri tenggorokan dan sebagainya. Dokter Adam juga mengatakan, belum bisa dipastikan seseorang mengalami gejala tersebut sudah pasti terkena Covid-19 atau varian Omicron. 

Menurutnya, ada bakteri atau virus lainnya bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk, pilek atau flu. Sehingga  tanpa bukti hasil testing Covid-19, seseorang tidak bisa dinyatakan positif atau terinfeksi virus Covid-19 atau varian Omicron.

"Karena masih ada varian lainnya atau ada virus dan bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan," kata dr Adam Prabata.

Di sisi lain, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, apabila terjadi gejala ringan seseorang perlu melakukan testing Covid-19 dengan swab antigen. Tujuannya yakni sebagai antisipasi, dapat lebih cepat mengetahui terpapar atau tidak, terutama untuk mereka yang telah kontak erat dengan pasien positif. 

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam gitu yang menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," ujar dr. Reisa dalam Siaran Sehat, belum lama ini.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: