Jangan Anggap Remeh Alergi Kulit pada Anak, Begini Cara Mengatasinya 

Elvira Anna · Jumat, 16 September 2022 - 19:17:00 WIB
Jangan Anggap Remeh Alergi Kulit pada Anak, Begini Cara Mengatasinya 
Ilustrasi alergi pada anak. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Orang tua jangan pernah menganggap rasa gatal atau alergi sebagai hal yang biasa. Pasalnya gatal atau secara medis dikenal sebagai pruritus adalah sensasi yang timbul dari iritasi pada kulit atau sel saraf. Gatal-gatal bisa terjadi pada satu area kulit atau bahkan pada seluruh tubuh. 

Mengapa bisa terjadi gatal pada kulit? Ternyata hal ini disebabkan karena kondisi kulit kering, alergi, infeksi, gigitan serangga, scabies atau kudis, hingga psoriasis atau dermatitis atopik.

Beberapa tahun terakhir diketahui Indonesia dihebohkan dengan adanya kasus dermatitis atopic pada anak-anak. Prevalensi dermatitis atopic mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian oleh Soegiarto et al, pada 2019 melaporkan, morbiditas penyakit alergi pada anak sekolah di kota metropolitan di Indonesia memiliki pola yang sama dengan negara berkembang lainnya. 

Penelitian melibatkan 499 anak dan remaja dari sekolah dan universitas di 5 kota. Dilaporkan 278 subjek setidaknya memiliki satu manifestasi penyakit alergi, dimana kasus dermatitis atopic sebesar 1,8 persen. Urtikaria dan rhinitis alergi merupakan penyakit atopik yang paling sering muncul, dengan riwayat keluarga atopi positif sebesar 60,79 persen. 

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kasus dibandingkan tahun 1981. Harus diingat juga bahwa dermatitis atopik dapat menyerang segala usia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua di umur emasnya. 

Bagi sebagian orang yang mengalami kondisi kulit atopik,  mengunjungi dan berobat ke dokter kulit ternyata tidak selalu mudah. Meski rasa gatal sudah tak tertahankan  dan permukaan kulit sudah berubah total, tetap saja ada beberapa orang yang merasa enggan untuk meminta bantuan kepada dokter spesialis kulit. Berangkat dari adanya isu ini klinik Erha memberikan solusi kulit menyeluruh baik untuk Aesthetic/Cosmetic Dermatology maupun General Dermatology. 

“Selama lebih dari 22 tahun di Indonesia, kami memiliki dokter spesialis kulit yang berpengalaman, alat medis yang lengkap, sehingga tentunya juga memiliki kemampuan untuk memberikan solusi menyeluruh untuk kesehatan kulit. Pada tahun ini kami meluncurkan brand lini baru yang dapat mempermudah akses masyarakat untuk menyelesaikan seluruh masalah kulitnya.” kata Noviana Supit, Direktur Erha, dilansir dari siaran pers, Jumat (16/9/2022).

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda