Jangan Disepelekan, Kenali Penyebab Nyeri Kepala dan Cara Penanganannya

Vien Dimyati ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 22:52:00 WIB
Jangan Disepelekan, Kenali Penyebab Nyeri Kepala dan Cara Penanganannya
Mengenal gejala sakit kepala (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNews.id - Bagi sebagian orang, rasa sakit di bagian kepala terkadang suka diabaikan. Padahal hal tersebut tidak boleh dianggap sepele.

Pernah mengalami nyeri kepala? Nyeri kepala bagian mana yang pernah dialami? Nyeri kepala sebelah, kepala bagian belakang atau lainnya? Ternyata ada beberapa jenis nyeri di kepala. 

Apa sebab dan bagaimana mengatasinya? 

Melalui edukasi webinar kesehatan, Dokter ahli saraf dari Hospitals Jantung Diagram, dr. Riezky Valentina Astari mengulas tuntas cara mengenali dan penanganan seputar nyeri di kepala.

Membuka paparan edukasi, menurut dr. Riezky Valentina nyeri kepala adalah suatu rasa nyeri atau rasa tidak enak pada daerah kepala, termasuk daerah wajah dan tengkuk leher. 

Dikatakan dr Riezky Astari, berdasarkan klasifikasi, nyeri kepala terbagi menjadi tiga bagian, yaitu nyeri kepala primer yang biasanya seperti migrain, nyeri kepala tipe tegang, dan ada nyeri kepala tipe kluster.

Nyeri kepala sekunder adalah nyeri kepala karena cedera kepala, infeksi, stroke, gangguan mata/telinga/hidung/sinus/gigi/mulut/konsumsi obat/makanan/substansi, gangguan psikiatri dan lainnya. 

"Kemudian ada pula nyeri kepala lainnya, yaitu yang tidak termasuk dari 2 kategori di atas," tutur dr. Riezky, Jumat (16/7/2021). 

Editor : Vien Dimyati