Jangan Percaya Klaim Obat Covid-19, Dokter Relawan: Pastikan Ada Izin Edar BPOM

Leonardus Selwyn · Kamis, 02 September 2021 - 09:19:00 WIB
Jangan Percaya Klaim Obat Covid-19, Dokter Relawan: Pastikan Ada Izin Edar BPOM
Tim intelijen Kejaksaan Negeri Aceh Tengah memantau 11 jenis obat Covid-19 yang tersedia di satu apotek. Foto: Instagram Kejati Aceh

JAKARTA, iNews.id - Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19 dr Muhamad Fajri Adda'i, mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap obat-obatan yang diklaim dapat menyembuhkan Covid-19. Hal tersebut diungkapkan dr Fajri terkait dengan banyaknya hoaks terkait obat Covid-19 yang saat ini beredar.

Melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Kamis (2/9/2021), dia mengatakan bahwa pengembangan suatu obat baru selalu melalui tahapan berlapis dengan langkah-langkah ketat yang terjaga. 

"Mulai dari tahap penelitian di laboratorium, penelitian uji coba hewan untuk menilai keamanan dasar, lalu penelitian di manusia (uji klinis). Semua itu dilakukan untuk memastikan obat tersebut aman dan efektif untuk manusia," kata dr Fajri dalam unggahannya. 

Lebih lanjut, setelah melewati rangkaian penelitian, suatu obat akan ditinjau oleh lembaga yang berwenang yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum diedarkan kepada masyarakat luas. 

“Obat itu harus lolos tes dari BPOM dulu baru bisa beredar. Pastikan ada izin edar BPOM,” katanya. 

Alhasil masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati sebelum membeli obat yang diklaim bisa menyembuhkan Covid-19. Pastikan untuk mengecek mutu dan kualitas obat-obatan dengan melihat izin edar yang diterbitkan BPOM.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: