Jumlah Kasus Covid-19 Omicron di Beberapa Kota Sudah Lampaui Puncak Varian Delta, Kemkes: Perketat Prokes!

Siska Permata Sari ยท Minggu, 06 Februari 2022 - 12:27:00 WIB
Jumlah Kasus Covid-19 Omicron di Beberapa Kota Sudah Lampaui Puncak Varian Delta, Kemkes: Perketat Prokes!
Pemkab dan Polres Kendal saat menggelar simulasi penanganan pelaku perjalanan yang sakit saat libur Nataru. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan data grafik terkait peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. Data tersebut menunjukkan peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah/kota akibat varian Omicron.

Dalam data yang diterima wartawan,  Minggu (6/2/2022), terlihat peningkatan jumlah kasus Covid-19 di beberapa daerah melampaui angka saat puncak Delta terjadi pada tahun sebelumnya. Beberapa kota itu yakni Tangerang, Bekasi Raya, dan Depok. Sementara itu, DKI Jakarta dan Bogor tampak menyusul.

Berdasarkan grafik, tampak kasus Covid-19 di Tangerang mencapai hampir di angka 4.000. Kemudian di Bekasi kasus Covid-19 menyentuh angka 3.000, dan di Depok lebih dari 1.600. Sementara itu, di DKI Jakarta sudah melampaui 8.000 kasus.

Berbeda dengan kasus di kawasan Jabodetabek dan Pulau Jawa, Kemenkes menyebut bahwa luar Jawa-Bali masih rendah. Namun diprediksi peningkatan kasus akan menyusul dalam 3-4 minggu ke depan.

Peningkatan kasus Covid-19 ini juga diiringi dengan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS). Meski begitu, dalam grafik itu terlihat bahwa tingkat perawatan di RS jauh lebih rendah jika dibandingkan saat penyebaran varian Delta di tahun lalu, di mana hospitalisasi masih 30 persen dari puncak Delta.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda