Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Masih Bertambah, Menkes Terawan: Selalu Patuh Protokol Kesehatan

Siska Permata Sari ยท Senin, 14 September 2020 - 14:47 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Masih Bertambah, Menkes Terawan: Selalu Patuh Protokol Kesehatan

Menkes Terawan ingatkan untuk jaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id – Jangan anggap sepele untuk tidak menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona. Pasalnya, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih bertambah setiap hari.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengungkapkan, angka persentase kasus aktif Covid-19 di Indonesia lebih tinggi daripada rata-rata kasus aktif di dunia per 13 September 2020.

“Per 13 September 2020, rata-rata kasus aktif di Indonesia 25,02 persen atau sedikit lebih tinggi dari rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 24,78 persen,” tuturnya, seperti dikutip dari konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9/2020).

Berbanding terbalik dengan kasus aktif, angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia justru lebih rendah jika dibandingkan dengan recovery rate secara global.

“Untuk jumlah kasus sembuh sebanyak 155.010 kasus, dengan recovery rate atau angka kesembuhan 71 persen. Rata-rata kesembuhan di Indonesia yang 71 persen ini sedikit lebih rendah dari rata-rata kesembuhan dunia yang 72 persen,” katanya.

Dia juga menuturkan, saat ini pemerintah tengah bekerja keras untuk menurunkan angka kematian yang kini menjadi 3,99 persen. Angka itu menurun dari satu minggu sebelumnya yang mencapai lebih dari 4 persen.

“Pemerintah bekerja keras untuk menurunkan angka kematian. Rata-rata kematian di Indonesia menurun dari 4,49 persen menjadi 3,99 persen per 13 September kemarin,” ujarnya.

Di kesempatan ini, dia juga mengingatkan lagi tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi, mengingat masih tingginya angka penularan Covid-19 di Tanah Air.

“Kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan, mohon partisipasi dari semua pihak, terutama di level Kelurahan, Desa, RW, dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany