Kecakapan Bahasa Inggris Orang Indonesia di Peringkat 80, Berada di Bawah Vietnam

Dani M Dahwilani · Senin, 29 November 2021 - 16:58:00 WIB
Kecakapan Bahasa Inggris Orang Indonesia di Peringkat 80, Berada di Bawah Vietnam
Berdasarkan laporan English Proficiency Index (EPI) dari 112 negara di dunia, Indonesia berada di peringkat 80 di bawah Vietnam. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pada situasi dunia yang semakin mengglobal, penguasaan bahasa internasional menjadi tidak terelakkan. Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa penghubung di dunia saat ini digunakan lebih dari 2,5 miliar penutur.

Berdasarkan laporan English Proficiency Index (EPI) atau Indeks Kecakapan Bahasa Inggris pada 2021, EF Education First mencatat kecakapan bahasa Inggris dari 112 negara di dunia. Posisi Indonesia berada di peringkat 80, turun enam peringkat dibandingkan 2020. 

Dari segi skor EPI, Indonesia memperoleh 466 poin, sedikit meningkat dari skor tahun lalu, di angka 453. Meskipun terjadi peningkatan skor, tahun ini Indonesia masih tetap berada pada kategori “rendah” untuk kecakapan Bahasa Inggris. Secara global, capaian skor EPI Indonesia masih berada di bawah rata-rata skor EPI global di angka 503. 

Dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga, capaian EPI Indonesia pada tahun ini berada jauh di bawah Singapura, Filipina, dan Malaysia, yang menempati posisi tiga besar EPI di kawasan Asia. Singapura sebagai negara dengan capaian EPI tertinggi di Asia menempati peringkat empat EPI secara global dan masuk dalam kategori “kecakapan sangat tinggi”. 

Adapun, Filipina dan Malaysia secara berturut-turut berada di peringkat 18 dan 28 secara global, serta dikategorikan sebagai negara dengan “kecakapan tinggi” dari segi kemampuan Bahasa Inggris.

Masih di kawasan Asia Tenggara, Vietnam juga berada pada peringkat lebih unggul dibandingkan Indonesia, yakni berada pada peringkat 66 secara global dengan selisih skor EPI sebesar 20 poin dibandingkan Indonesia.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: