Kemenkes Siapkan 6 Pilar dalam Transformasi Kesehatan Indonesia, Salah Satunya Sistem Rujukan Rumah Sakit

kevi laras · Kamis, 17 Maret 2022 - 14:18:00 WIB
Kemenkes Siapkan 6 Pilar dalam Transformasi Kesehatan Indonesia, Salah Satunya Sistem Rujukan Rumah Sakit
Menkes Budi Gunadi. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang menyiapkan roadmap atau strategi transformasi kesehatan, khususnya untuk meningkatkan pelayanan selama pandemi Covid-19. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 6 pilar dalam memajukan dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

Dalam pemaparan di acara Konferensi Terbesar "Strengthening Indonesia's Resiliency  And Transformation" yang diselenggarakan MNC Group, Kamis (17/3/2022), Menkes mengatakan 6 pilar itu adalah amanah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.


"Ada tiga dari enam hal yang dititipkan oleh Presiden, yaitu vaksin agar cepat, atasi pandemi ini supaya hidup normal lagi, serta melakukan transformasi kesehatan di Indonesia," ujar Menkes Budi Kamis (17/3/2022)

Menkes menjelaskan keenam pilar menjadi program untuk meningkatkan sistem dan pelayanan kesehatan Indonesia. Hal pertama layanan primer, di mana pelayanan bersifat promotif dan preventif. Kedua, transformasi layanan sekunder yaitu rujukan rumah sakit.

"Meningkatkan pelayanan rujukan rumah sakit bagi masyarakat menjadi hal penting," kata Menkes. 

Hal ketiga, dia mengatakan perlu adanya aturan dalam pembiayaan kesehatan. Mengingat tren dari segi usia semakin berubah dengan meningkatnya usia muda daripada usia lansia.

"Sangat relevan karena ke depan kondisi Indonesia akan menua, sehingga struktur pembiayaan akan bergeser. Kita perlu mengimbau sistem pembiayaan kesehatan untuk menghadapi pola demografi yang berbeda," katanya

Kemudian keempat, transformasi sumber daya manusia (SDM) dalam sektor kesehatan di Indonesia perlu ditingkatkan. Pilar kelima perlu adanya pemerataan dalam pelayanan kesehatan, dengan jumlah tenaga kesehatan di daerah bisa merata.

Terakhir, pilar keenam ialah transformasi teknologi kesehatan yang dibagi menjadi dua, yaitu transformasi informasi kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan. Menurutnya, perlu adanya pengembangan lebih maju sehingga bisa meningkatkan sistem pelayanan kesehatan menggunakan teknologi.

"Saya melihat big data itu akan merubah secara drastis untuk industri kesehatan ke depannya. Transformasi teknologi kesehatan ke depannya obat-obatan akan personal live," kata Menkes.


Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda