Kemenkes Terima Ratusan Bed Medis untuk Pasien Covid-19 Bergejala Sedang dan Berat

Vien Dimyati ยท Jumat, 16 Juli 2021 - 00:10:00 WIB
Kemenkes Terima Ratusan Bed Medis untuk Pasien Covid-19 Bergejala Sedang dan Berat
Bed medis untuk pasien Covid-19 (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kasus pasien positif Covid-19 setiap hari terus mengalami kenaikan. Saat ini lonjakan kasus positif harian yang terjadi hampir mencapai 3 kali lipat dari lonjakan gelombang pertama yang terjadi pada awal tahun.

Hal ini pun berimbas pada kondisi Bed Occupancy Ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur rumah sakit di Jakarta yang sudah mulai penuh terisi.

Adri Martowardojo selaku Pengurus Yayasan Life After Mine mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki Pemprov DKI, keterisian tempat tidur atau BOR rumah sakit di kawasan Jakarta rata-rata sudah mencapai lebih dari 90 persen. 

"BOR di RSDC Kemayoran juga sudah cukup tinggi di mana tersisa sekitar 1.000 tempat tidur," kata Adri Martowardojo, melalui keterangannya belum lama ini.

Memahami hal tersebut, Yayasan Life After Mine (LAM), didukung MMS Group Indonesia secara langsung mengirimkan sebanyak 510 set tempat tidur medis yang nantinya dapat digunakan oleh pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Serah terima bantuan ini dilakukan di RSDC Kemayoran Tower 1 bersama Kementerian Kesehatan yang diwakilkan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir dan Kolonel dr. Stefanus Dony selaku Koordinator Operasional RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

Adri mengatakan, nantinya 510 unit ini akan ditempatkan di unit ICU dan area observasi. Namun, apabila tempat lain seperti Asrama Haji, Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput ataupun RSUD membutuhkan tempat tidur tambahan, dapat mengajukan ke RSDC Kemayoran.

"Keseluruh tempat tidur ini kami harapkan dapat membantu ketersediaan fasilitas pemulihan kesehatan untuk pasien Covid-19, khususnya untuk pasien dengan gejala berat," kata dia.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2