Ketahui Tata Cara Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Vien Dimyati · Senin, 05 April 2021 - 13:34:00 WIB
Ketahui Tata Cara Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Edukasi Vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui (Foto: Health Affairs)

JAKARTA, iNews.id - Vaksinasi masih terus diberikan kepada masyarakat. Termasuk vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia (60 tahun).

Satu hal yang menimbulkan pertanyaan dari masyarakat adalah dapatkah ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui bayi mendapatkan vaksinasi Covid-19

Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan Siloam Hospitals Balikpapan, dr. I Wayan Sumo Yoga, SpOG, menjelaskan pada dasarnya, vaksinasi Covid-19 dibutuhkan setiap orang demi memutus rantai penyebaran virus Corona. Namun, faktanya belum semua orang dapat menerima vaksinasi Covid-19.

"Saat ini, vaksinasi Covid-19 belum diberikan kepada ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan kelompok ibu hamil dan menyusui tidak disertakan ke dalam uji klinis vaksin Covid-19," ujar dr. I Wayan Sumo Yoga, SpOG, melalui keterangannya belum lama ini.

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019, yang dikeluarkan pada 2 Januari 2021, juga tidak mengikutsertakan kelompok ibu hamil dan menyusui ke dalam pentahapan kelompok prioritas penerima vaksin. 

Dokter Yoga mengatakan, sampai saat ini belum ada data uji klinis vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dan menyusui. "Belum ada bukti ilmiahnya," kata dia pada sesi edukasi. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2