Komunikasi Beda Generasi Suka Bikin Salah Paham, Begini Cara Menyeimbangkannya di Tempat Kerja

Novie Fauziah ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:51:00 WIB
Komunikasi Beda Generasi Suka Bikin Salah Paham, Begini Cara Menyeimbangkannya di Tempat Kerja
Podcast Aksi Nyata hari ini. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Skill dalam berkomunikasi di dunia pekerjaan adalah hal yang penting. Bagus atau tidaknya komunikasi dapat berdampak pada produktivitas dan pekerjaan Anda.

Apalagi, di setiap perusahaan terdapat karyawan yang berbeda generasi, sehingga terkadang pola pikir hingga cara melihat suatu masalah bisa berbeda. Bahkan, tak jarang hal ini memicu konflik, karena adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Sebab itu, Director Forbes Indonesia, Troy Fridatama mengatakan, dalam menghadapi seseorang yang beda generasi, khususnya di kantor, yang paling penting adalah bagaimana memahami culture atau budaya tempat itu sendiri.

"Kalau ngomongin adaptasi di dunia kerja, yang harus kita tahu yaitu culture di mana tempat kerjanya. Sebab bagaimanapun culture di kantor tempat kita bekerja itu yang harus kita ikuti dan junjung," katanya dalam Podcast Aksi Nyata bersama Parta Perindo bertajuk Tips Menghadapi Perbedaan Pola Pikir & Sikap Lintas Generasi di Tempat Kerja, Rabu (5/10/2022).

Dia menjelaskan, ketika generasi 70-an bertemu dengan seseorang yang lahir di tahun 2000-an, ini bisa menimbulkan gap karena karakter yang dimiliki berbeda-beda. Jika tidak bisa mengimbangi, maka akan sulit berinteraksi.

Sebab itu, menurut dia, dibutuhkan point of view (POV) atau sudut pandang ke masing-masing individu. Apakah satu sama lainnya bisa mengimbangi, sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam berkomunikasi.

"Maka balik lagi, point of view kita sebagai individu. Seperti saya yang sudah lahir duluan, (lebih dulu) punya banyak kesempatan. Pasti akan memiliki POV yang berbeda dengan yang baru," kata dia.

Jadi sebaiknya, generasi lama maupun baru harus disamakan lebih dulu POV-nya. Hal ini agar mereka dapat berjalan dan berkembang bersama ketika berada di lingkungan pekerjaan atau di kantor.

Editor : Siska Permata Sari

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda