Konsumsi Makanan Berserat Tinggi saat Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 Mei 2019 - 07:20 WIB
Konsumsi Makanan Berserat Tinggi saat Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama

Bayam menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat sahur. (Foto: Well-beingsecret)

JAKARTA, iNews.id - Di bulan Ramadan ini, umat Muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Tentunya, asupan makanan kaya nutrisi dan bergizi sangat dibutuhkan saat sahur agar lancar menjalankan ibadah puasa sambil beraktivitas.

Salah satu kandungan makanan yang sangat dibutuhkan tubuh saat sahur adalah serat. Sebab, makanan-makanan tinggi serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Serat juga bagus untuk menjaga kadar gula darah tetap terjaga.

Nah, makanan-makanan tinggi serat apa saja yang bagus bagi tubuh dan dapat dikonsumsi saat sahur? Mari simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Selasa (7/5/2019).

Biji Chia

Chia adalah sumber serat yang sangat baik. Satu porsinya yakni satu ons (28 g) akan memberikan Anda 10 gram serat dan hanya dua gram karbohidrat. Selain itu, makanan ini merupakan sumber protein dan lemak yang cukup baik, yaitu 4,4 gram protein, dan 8,6 gram lemak. Anda bisa mengubah biji chia menjadi santapan sahur yang lezat, sehat, dan baik untuk ketahanan tubuh saat puasa.

Bayam

Sayur bayam menjadi salah satu menu masakan yang mudah dibuat dan enak disantap saat sahur. Selain itu, bayam dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, mengoptimalkan manajemen untuk diabetes. Tak hanya dijadikan sayuran, Anda bisa mengonsumsi bayam sebagai lauk, misalnya dicampur dengan telur dadar.

Buah Alpukat

Alpukat merupakan sumber kalium, vitamin K, vitamin C, folat, vitamin B5 dan B6 yang baik. Sehingga ini menjadikan alpukat bagus untuk pencegahan osteoporosis dan jenis kanker tertentu. Setengah alpukat saja, yaitu sekitar 100 gram atau 3,4 ons, mengandung 161 kalori, 14,7 gram lemak, 2 gram protein dan hanya 1,9 gram karbohidrat bersih, plus memberi Anda 6,7 gram serat.

Kembang Kol & Brokoli

Kembang kol adalah salah satu makanan sehat yang menjadi favorit. Anda dapat menggunakannya untuk membuat pure, mengukusnya, bahkan menggunakannya sebagai pengganti beras rendah karbohidrat. Secangkir kembang kol mentah, yakni 100 gram atau 3,5 ons mengandung 25 kalori, 0,1 gram lemak, 2 gram protein, 2,8 karbohidrat bersih, dan 2 gram serat.

Sementara itu, secangkir brokoli cincang sekitar 91 gram atau 3,2 ons mengandung 30,9 kalori, lemak 0,3 gram, protein 2,6 gram, karbohidrat bersih 3,6 gram, dan serat 2,4 gram. Anda bisa mencampur bahan keduanya dengan membuat capcay.

Editor : Tuty Ocktaviany