Kurangi Efek Samping, Konsumsi Makanan Ini Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19

Rizky Pradita Ananda ยท Selasa, 06 April 2021 - 14:08:00 WIB
Kurangi Efek Samping, Konsumsi Makanan Ini Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id -  Program vaksinasi nasional masih terus bergulir, sebagian kalangan masyarakat Indonesia sudah menerima vaksin Covid-19. Untuk Anda yang masih menunggu giliran, sebaiknya mempersiapkan kesehatan tubuh secara optimal. 

Hal ini perlu dilakukan supaya efek samping yang kemungkinan timbul beberapa jam pasca divaksin bisa setidaknya bisa berkurang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), efek samping vaksin Covid-19 sendiri mulai dari rasa nyeri, kemerahan, bengkak di titik injeksi, demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot atau pegal-pegal, hingga mual. 

Namun jangan cemas, efek samping ini dikatakan sebetulnya adalah pertanda baik karena artinya tubuh tengah membangun imunitas dan akan hilang alias sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Untuk persiapan vaksinasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek sampingnya. Salah satu contohnya dengan memperhatikan makanan apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. 

Mengutip Huffingtonpost, Selasa (6/4/2021) berikut daftar rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin Covid-19, sebagaimana disarankan oleh Dr. Ronald Hoffman, dokter intergratif di New York.

1. Minum teh jahe

Minuman kombinasi teh dan rempah jahe ini berfungsi untuk meringankan efek mual. Jahe sudah terkenal dengan reputasinya sebagai obat tradisional yang sangat baik dan aman untuk mengatasi masalah pencernaan.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2