Lawan Gaya Hidup Sedentari, Anlene Ajak 10.000 Orang Bergerak Bersama
JAKARTA, iNews.id – Kampanye “Ayo Indonesia Bergerak” yang digaungkan oleh Anlene, akhirnya mencapai titik finish di Jakarta. Kampanye ini berhasil membuktikan masyarakat Indonesia aktif dan mampu bergerak lebih untuk melawan gaya hidup sedentari.
Acara puncak ini dipusatkan di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu 22 April 2018. Kampanye ini telah menggerakkan 10.000 orang di tujuh kota sejak diluncurkan di Yogyakarta, dua minggu lalu.
Dalam perayaan ini, Drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bergabung dengan 5.500 pencinta gaya hidup sehat dan aktif menyambut pelari dan pesepeda yang telah melengkapi rute estafet Yogyakarta – Jakarta sejauh 600 kilometer. Rute yang mereka tempuh melewati Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, serta Bogor sebelum akhirnya mencapai titik finish di Jakarta.
“Ayo Indonesia Bergerak” bertujuan melawan gaya hidup sedentari, di mana ini menjadi isu di Indonesia maupun seluruh dunia. Selain itu, terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular sekaligus mendukung program pemerintah, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
“Kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ adalah sebuah ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melawan gaya hidup tidak aktif/sedentari. Kampanye ini tidak hanya menginsipirasi dan mendorong masyarakat Indonesia lebih aktif, namun sebagai bentuk komitmen Fonterra dan Anlene dalam menciptakan masyarakat Indonesia lebih kuat, lebih sehat, dan bahagia,” tutur Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia, Minggu 22 April 2018.
Rohini kembali mengatakan, “Kami sangat bangga dapat menyambut para peserta yang tergabung dalam estafet lari dan sepeda dari Yogyakarta ke Jakarta, serta merayakan bersama masyarakat Jakarta. Mereka menunjukkan bahwa kita dapat melakukan lebih, sehingga mengubah pendapat bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat sedentari.”
Sementara itu, Drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, berdasarkan Riskesdas 2013, sebanyak 24 persen penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari lebih dari enam jam per hari. Hal ini mengkhawatirkan karena perilaku ini menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia, termasuk di antaranya penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.
“Merespons isu ini, pemerintah Indonesia menginisiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dengan mempromosikan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, melakukan diet seimbang, dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” katanya.
“Kami menilai isu ini sangat serius dan menyambut baik kolaborasi bersama seluruh pihak terkait untuk melawan sedentari. Oleh karena itu, kami mengapresiasi gerakan dari Fonterra Brands Indonesia yang telah menyemangati masyarakat Indonesia agar lebih aktif dan sehat,” ucapnya.
Dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta, termasuk di Bandung, “Ayo Indonesia Bergerak” juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik, seperti MoveMax arena, cooking class, dan fun walk. Anlene juga menggandeng figur publik yang dikenal sangat aktif, yaitu Prisia Nasution dan Muhammad Fadli yang dapat menginspirasi masyarakat untuk melawan gaya hidup sedentari.
“Saya sangat bangga menjadi bagian dari kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ dan mendukung sepenuhnya karena merefleksikan tujuan hidup saya secara pribadi untuk selalu aktif. Setiap orang menginginkan hidup sebaik mungkin, karena itu perlu mengimplementasikan aktivitas fisik dan melengkapinya dengan susu bernutrisi tinggi. Aktivitas fisik dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, tidak terkecuali sesibuk apa pun dengan mengalokasikan 30 menit dengan latihan sederhana sekalipun,” kata Prisia Nasution, aktris dan penggiat olahraga.
Sementara itu Muhammad Fadli, pesepeda dan penggiat olahraga juga mendukung kampanye ini.
“Saya menyadari perlu aktivitas fisik untuk membuat saya tetap fit dan sehat, terlepas dari kecelakaan yang pernah dialami beberapa waktu lalu. Saya percaya dapat melakukan lebih dari apa yang dipikirkan. Saya mendukung penuh kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ karena ini merupakan langkah nyata dari Anlene untuk membangkitkan kepedulian masyarakat perihal bahaya global akan gaya hidup sedentari. Mari berkomitmen melakukan aktivitas fisik rutin dan jaga kesehatan tulang, sendi, dan otot,” katanya.
Seperti diketahui, kunci gaya hidup yang lebih sehat dengan mempraktikkan olahraga rutin dan memilih pola makan sehat dan simbang. Sebagai bagian dari pola makan yang sehat seimbang, Anlene dengan formulasi MoveMax mengandung gizi yang membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, sendi dan otot, karena ketiganya termasuk dalam sistem muskuloskeletal yang mampu membentuk postur tubuh yang baik, seimbang, dan aktif.
“Dengan bergerak aktif serta menjaga kesehatan, kekuatan dan fleksibilitas tulang, sendi, dan otot, kita telah melakukan langkah penting melawan gaya hidup sedentari. ‘Ayo Indonesia Bergerak’ bersama Anlene, karena kita bisa melakukan lebih untuk melawan gaya hidup sedentari #KarenaKitaLebih,” ucap Rohini Behl.
Editor: Tuty Ocktaviany