Lawan Gaya Hidup Sedentari lewat Kampanye Ayo Indonesia Bergerak
JAKARTA, iNews.id - Anlene, brand unggulan Fonterra Brands Indonesia, mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif dalam melawan gaya hidup sedentari atau malas bergerak (mager) dengan kampanye Ayo Indonesia Bergerak. Kampanye ini, bertujuan menginsipirasi masyarakat lebih aktif dengan perjalanan estafet bersama komunitas lokal dari Yogyakarta menuju Kota Jakarta.
Gaya hidup sedentari sendiri sebenarnya telah menjadi isu penting di Indonesia, maupun seluruh dunia. Sebab, gaya hidup ini telah terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular (PTM), sehingga mencegah masyarakat Indonesia memiliki kehidupan yang lebih baik dari segi kesehatan.
Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 24,1 persen penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari enam jam per hari. Dengan seperempat masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, risiko terjadinya penyakit tidak menular pun meningkat.

Saat ini, penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia termasuk di antaranya adalah penyakit tidak menular, seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus. Secara global, kurangnya aktivitas fisik diestimasikan menimbulkan biaya pelayanan kesehatan dalam setahun hingga sebesar $54 miliar, di mana 57 persen ditanggung oleh sektor publik dan tambahan $14 miliar menyebabkan hilangnya produktivitas.
"Seiring dengan gaya hidup modern yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup sedentari pun merupakan suatu hal yang juga banyak dilakukan. Sehingga menjadi penghalang bagi kita dalam melakukan yang terbaik dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Dengan fakta satu dari empat penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, sekarang saat yang tepat mengajak semua masyarakat Indonesia melawan fenomena ini. Kami percaya bahwa bangsa kuat bermula dari masyarakat yang kuat. Kami mengajak masyarakat Indonesia bergerak lebih aktif demi Indonesia yang lebih sehat dan kuat," kata Rohini Behl selaku Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 11 April 2018.