Layanan Kesehatan di Era Digital, RS Tingkatkan Teknologi Artificial Inteligent hingga Robotik Bedah
JAKARTA, iNews.id - Di era transformasi digital, rumah sakit perlahan mengoptimalkan layanan kesehatan. Salah satunya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan teknologi digital.
Apalagi, perkembangan pelayanan kesehatan secara global di era disrupsi dan pandemi, menjadi tantangan manajemen rumah sakit dalam menentukan langkah strategis untuk bertahan. Dalam rangka mengembangkan pelayanan rumah sakit salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi.
Dr. Martha Siahaan, CEO RS Premier Bintaro mengatakan, saat ini jumlah rumah sakit di Indonesia dan segala jenis usaha terkait kesehatan meningkat pesat, belum lagi eksposur dari fasilitas kesehatan luar negeri yang sangat gencar menembus pasar Indonesia.
"Meski fungsi dan aspek sosial dari rumah sakit adalah untuk memberi akses dan layanan kesehatan kepada masyarakat namun eksistensi rumah sakit sebagai usaha dalam industri kesehatan juga perlu diperhatikan agar dapat terus berkembang," ujar dokter Martha Siahaan, melalui keterangannya belum lama ini.
Dr Martha menjelaskan, selaku penyedia layanan kesehatan dia berharap dengan transformasi digital yang telah dilakukan, baik dari sisi peningkatan fasilitas dan juga pemasaran melalui digital marketing, agar layanan kesehatan di Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
"Kita harus bisa bersaing dengan pasar internasional, karena sesungguhnya para dokter dan juga fasilitas rumah sakit di Indonesia sudah sangat bagus dan memadai. Nah, hal ini harus terus menerus dikomunikasikan agar semakin banyak orang yang mengetahui," katanya.