Makanan Satu Ini Terbukti Mampu Turunkan Berat Badan, Cocok Diet pada Ramadan

Siska Permata Sari ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 11:04 WIB
Makanan Satu Ini Terbukti Mampu Turunkan Berat Badan, Cocok Diet pada Ramadan

Dalam menurunkan berat badan, tentu ada syarat dan ketentuan, yaitu menjaga asupan makanan saat berbuka dan sahur. (Foto: Eating Well)

JAKARTA, iNews.id - Berpuasa di bulan Ramadan menjadi ibadah tahunan bagi umat Muslim. Namun, di samping sebagai ibadah, berpuasa juga mempunyai segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan berat badan secara alami.

Dalam menurunkan berat badan, tentu ada syarat dan ketentuan, yaitu menjaga asupan makanan saat berbuka dan sahur. Jangan sampai makanan dan minuman di kedua waktu tersebut malah membuat berat badan Anda naik.

Nah, pakar diet merekomendasikan satu bahan makanan yang bagus dan cocok untuk menurunkan berat badan. Tak hanya bisa dikonsumsi saat bulan Ramadan, tetapi juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan setelah perayaan Idulfitri atau lebaran.

Bahan makanan tersebut adalah serat. “Serat adalah komponen makanan nabati yang tidak dapat dicerna, seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan biji-bijian tertentu, seperti biji chia, dan merupakan makanan nomor satu yang harus Anda makan lebih banyak jika Anda mencoba menurunkan berat badan,” kata pakar diet berbasis di Amerika Serikat, Victoria Seaver, MS RD, seperti dilansir dari Eating Well, Rabu (20/5/2020).

Dia menjelaskan, serat dapat memperlambat laju pencernaan sehingga membuat orang yang mengonsumsinya kenyang lebih lama. Sebaliknya, jika kurang serat, seseorang akan mudah lapar dan mengambil camilan atau makanan ringan yang dapat menaikkan berat badan mereka.

“Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa serat sebenarnya dapat mengikat sejumlah kalori dan mencegahnya diserap, yang merupakan manfaat lain dari serat untuk penurunan berat badan,” ujarnya.

Kemudian, penelitian menunjukkan mengonsumsi serat adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka panjang. “Penurunan berat badan yang sehat tidak lebih dari 1-2 kilogram per minggu,” katanya.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, wanita harus mengonsumsi setidaknya 25 gram serat setiap hari. Sementara pria harus memenuhi serat sebanyak 38 gram.

Makanan-makanan yang kaya serat, di antaranya kacang-kacangan, seperti brokoli, buah beri, alpukat, gandum utuh, apel, kentang, pisang, dan wortel.

Editor : Dani Dahwilani