4 Manfaat Buah Apel, Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Siska Permata Sari ยท Rabu, 25 November 2020 - 18:55:00 WIB
4 Manfaat Buah Apel, Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Buah apel kaya manfaat bagi kesehatan. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Buah apel kerap identik sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Rupanya, hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka.

Apel merupakan buah yang jumlah kalorinya kecil, tetapi bisa memberikan energi dan rasa kenyang pada orang yang mengonsumsinya. Faktanya, buah apel ukuran sedang mengandung 95 kalori, 25 gram karbohidrat dan 4 gram serat.

Namun, manfaat apel sebenarnya tak sekadar membantu menurunkan berat badan. Sebab, apel juga mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, tembaga, dan vitamin A, E, B1, B2, serta B6.

Oleh karena itu, banyak ragam manfaat buah apel yang jarang diketahui. Apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Healthline, Selasa (24/11/2020).

1. Menurunkan berat badan

Seperti disinggung sebelumnya, apel merupakan buah yang identik dengan diet untuk menurunkan berat badan. Ini terbukti lewat penelitian di mana orang yang makan irisan apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Tak hanya membuat lebih kenyang, sehingga memungkinkan Anda mengurangi porsi makan dan camilan. Beberapa senyawa alami di dalam apel juga dapat meningkatkan penurunan berat badan.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat tak terduga dari buah ini adalah apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Hal ini diketahui karena apel mengandung serat larut, jenis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan.

Salah satu polifenol itu adalah epikatekin flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, asupan tinggi flavonoid juga dikaitkan dengan risiko stroke 20 persen lebih rendah.

Editor : Tuty Ocktaviany