5 Manfaat Jeruk Nipis, Tingkatkan Metabolisme dan Daya Tahan Tubuh

Rizqa Leony Putri · Kamis, 26 November 2020 - 22:56:00 WIB
5 Manfaat Jeruk Nipis, Tingkatkan Metabolisme dan Daya Tahan Tubuh
Jeruk nipis bisa tingkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Jeruk nipis kerap digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan minuman. Tak hanya itu, buah yang tersebar di Asia dan Amerika Tengah ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari bahan penyedap masakan hingga obat batuk.

Meski memiliki rasa yang sangat asam, jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat, serta manfaat lainnya. Berikut ini manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (26/11/2020).

1. Sumber antioksidan yang baik

Radikal bebas yangg berlebih pada tubuh dapat memicu timbulnya penyakit penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker. Kandungan antioksidan pada jeruk nipis sangat penting bagi tubuh manusia, sebab antioksidan dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Jika masalah pencernaan datang, jeruk nipis dapat menjadi solusi yang ampuh. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat mendorong terjadinya sekresi cairan pencernaan. Sifat asam pada buah ini dapat membantu air liur memecah makanan agar pencernaan menjadi lebih baik, serta membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Hal itu kemudian dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat mengobati luka lebih cepat dengan mengurangi inflamasi dan menstimulur produksi kolagen.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2