4 Manfaat Kunyit, Salah Satunya Menurunkan Risiko Kena Penyakit Jantung

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 25 November 2020 - 21:28:00 WIB
4 Manfaat Kunyit, Salah Satunya Menurunkan Risiko Kena Penyakit Jantung
Kunyit bermanfaat banyak buat kesehatan. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah asli dari wilayah Asia Tenggara. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Kandungan senyawa kimia bernama kurkumi dalam kunyit disebut mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Berikut ini berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan, seperti iNews.id lansir dari Healthline, Rabu (25/11/2020).

1. Meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh

Antioksidan dapat melindungi tubuh manusia dari ancaman radikal bebas. Sementara curcumin merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas.

Senyawa ini dapat langsung memblokir bakteri yang masuk ke tubuh. Kemudian, juga dapat merangsang pertahanan antioksidan tubuh menusia.

2. Membantu mencegah dan mengobati kanker

Curcumin pada kunyit digadang-gadang sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker. Keberadaannya bahkan dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker di tingkat molekuler pada tubuh manusia.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa curcumin dapat mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan metastasis (penyebaran kanker). Meski belum terlalu pasti, tetapi manfaat tersebut hingga saat ini masih dipelajari secara intensif.

Editor : Tuty Ocktaviany