5 Manfaat Minyak Zaitun, Turunkan Risiko Kena Stroke dan Penyakit Jantung

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 23 November 2020 - 22:35:00 WIB
5 Manfaat Minyak Zaitun, Turunkan Risiko Kena Stroke dan Penyakit Jantung
Minyak zaitun punya manfaat baik untuk kesehatan. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Minyak zaitun merupakan minyak alami yang dihasilkan dari proses ekstraksi dari buah zaitun. Minyak ini telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bahkan, manfaat minyak zaitun disebut memiliki lebih bayak kandungan lemak baik dibandingkan dengan minyak kelapa murni. Berikut sederet manfaat minyak zaitun seperti dilansir dari Healthline, Sabtu (23/11/2020).

1. Kaya kandungan antioksidan

Tak hanya memiliki kandungan vitamin E dan K dalam jumlah yang besar, minyak zaitun juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan ini memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Bahkan, antioksidan juga sangat berperan untuk mengatasi peradangan. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari antioksidan untuk membantu melindungi kolesterol darah dari proses oksidasi, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Memiliki sifat antiperadangan

Menurut beberapa ilmuwan, kandungan oleocanthal yang terdapat dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama seperti 10 persen dari dosis dewasa ibuprofen. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang memicu terjadinya peradangan dalam tubuh.

Peradangan kronis sendiri dianggap sebagai pendorong utama timbulnya beberapa penyakit. Seperti halnya kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, arthritis hingga obesitas.

3. Mengurangi risiko kena penyakit jantung

Manfaat lainnya dari minyak zaitun untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebab, minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi salah satu faktor risiko terkuat timbulnya penyakit jantung dan kematian dini.

Editor : Tuty Ocktaviany