4 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Bisa Obati Kanker dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Siska Permata Sari ยท Jumat, 27 November 2020 - 23:45:00 WIB
4 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Bisa Obati Kanker dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Temulawak bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Healthbenefitstimes)

JAKARTA, iNews.id - Temulawak dikenal sebagai tumbuhan asal Indonesia yang mempunyai ragam manfaat untuk kesehatan. Di Indonesia, temulawak ditanam dan dibudidayakan di Pulau Jawa, Bali dan Maluku.

Terkenal karena khasiatnya sejak dulu kala, temulawak juga dibudidayakan di luar negeri seperti, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Cina India hingga Suriname. Tumbuhan ini juga telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit perut, gangguan hati, sembelit, diare berdarah, disentri, hingga demam pada anak-anak.

Kandungan utama temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti hepototoksik.

Berikut ragam manfaat temulawak untuk kesehatan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020).

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat pertama dari temulawak adalah mengatasi gangguan kesehatan pada saluran pencernaan, seperti perut kembung dan dispepsia. Ini berdasarkan penelitian di mana ditemukan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada saluran cerna terasa semakin membaik setelah mengonsumsi suplemen temulawak.

2. Tingkatkan nafsu makan

Manfaat berikutnya ini cocok bagi orangtua yang anak-anaknya mempunyai kecenderungan malas makan atau suka memilih-milih makananan. Ya, temulawak bisa meningkatkan nafsu makan Anda. Hal ini karena temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan akan segera meningkat.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2