Masyarakat Tetap Disiplin 3M Setelah Vaksin Tiba

Siska Permata Sari ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 22:03:00 WIB
Masyarakat Tetap Disiplin 3M Setelah Vaksin Tiba
Masyarakat tetap disiplin 3M setelah vaksin tiba. (Foto: BNPB)

Lebih lanjut lagi, Dr. Ede juga menghimbau masyarakat untuk berkontribusi melalui program vaksin mandiri nantinya, seperti yang direncanakan pemerintah agar membantu mempercepat tercapainya target kekebalan kelompok yang diinginkan.

“Sebenarnya, kontribusi masyarakat dalam program vaksin mandiri tidak ada masalah. Dalam program vaksinasi yang lama juga begitu, ini yang harus dipahami nantinya, ada yang bisa dibiayai pemerintah terutama bagi tenaga kesehatan, kemudian yang lain diharapkan program mandiri agar prosesnya cepat, mengingat targetnya 70 persen dari jumlah populasi, jadi kita memang membutuhkan waktu. Karena itu, 3M itu tidak boleh lepas, perlu waktu lama untuk program vaksinasi,” katanya.

“Sekali lagi saya ingatkan, biasakan hidup sehat, kemudian mari kita jaga keamanan diri kita agar tidak tertular dengan 3M. Berikutnya, mari kita dukung pelaksanaan vaksinasi dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh kita. Begitu vaksin sudah hadir, masyarakat diharapkan yakin bahwa vaksin itu dikembangkan oleh para peneliti dan dokter sehingga tingkat keamanan dan efektivitasnya juga baik. Perlu diingat, biaya vaksinasi jauh lebih murah daripada diobati karena sakit,” kata Dr. Ede. (CM)

Editor : Tuty Ocktaviany