Matcha Bakal Jadi Tren 2020, Ini Manfaat Kesehatannya

Siska Permata Sari ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 15:31 WIB
Matcha Bakal Jadi Tren 2020, Ini Manfaat Kesehatannya

Matcha bakal jadi tren 2020. (Foto: Webmd)

JAKARTA, iNews.id - Matcha diprediksi menjadi tren minuman di 2020. Minuman asal Jepang ini diperkirakan akan mengganti tren es kopi susu yang marak beberapa tahun belakangan ini.

Sama halnya dengan kopi, matcha juga mengandung kafein yang berguna untuk membuat Anda lebih fokus dan berenergi. Selain itu, matcha juga dapat dicampurkan dengan susu hangat sehingga menjadi matcha latte yang sudah tidak asing di kalangan pencinta teh, terutama teh hijau.

Matcha merupakan turunan dari teh hijau. Dia terbuat dari daun teh hijau yang telah diubah menjadi bubuk, sehingga rasanya cenderung lebih kuat dari teh biasa. Tak sampai di situ, karena ini berasal dari daun teh hijau, matcha juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, apa saja manfaat matcha bagi kesehatan? Mari simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Jumat (24/1/2020).

1. Mengatasi darah tinggi

Katekin dan antioksidan dalam matcha, dapat membantu mengatasi masalah darah tinggi. Sehingga minuman ini juga mengurangi risiko, yang terkait dengan darah tinggi seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

2. Menurunkan kolesterol

Selain membantu mengatasi darah tinggi, katekin pada matcha juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Ini juga menghindari Anda dari penyakit-penyakit tak menular seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

3. Melawan kanker

Polifenol dan antioksidan lainnya dalam matcha juga dapat membantu melindungi sel-sel Anda terhadap kanker. Tetapi dibutuhkan lagi penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah senyawa tersebut dapat membantu mencegah kanker.

4. Menjaga gigi tetap sehat

Secangkir teh matcha sehari dapat membantu menjaga gigi Anda tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini diketahui karena kandungan pada daun teh hijau membantu menjaga kadar asam yang sehat di mulut Anda.

5. Baik untuk tulang Anda

Antioksidan dalam matcha yang disebut polifenol dapat mencegah terjadinya radang sendi. Kandungan dalam minuman ini dipercaya dapat memperlambat kerusakan tulang rawan, yang jika ada kerusakan dapat menyebabkan radang sendi.

Editor : Tuty Ocktaviany