Mengenal Kanker Hati yang Diidap Ayah Olla Ramlan Sebelum Meninggal

Siska Permata Sari · Selasa, 05 Juni 2018 - 21:02:00 WIB
Mengenal Kanker Hati yang Diidap Ayah Olla Ramlan Sebelum Meninggal
Kenangan Olla Ramlan bersama sang ayah tercinta. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kabar duka masih masih dirasakan keluarga Olla Ramlan usai ditinggal sang ayah. Sang ayah, Muhammad Ramlan telah mengembuskan napas terakhirnya, Senin 4 Juni 2018.

Setelah dimakamkan hari ini, aktris cantik Olla Ramlan mengatakan, sang ayah memang telah lama sakit, kurang lebih sekitar dua tahun ke belakang. Menurut dia, sebelum opname di rumah sakit dan meninggal, ayahnya mengidap penyakit kanker hati.

Kanker hati itulah, yang disebut-sebut menyebabkan tangan mendiang ayah Olla Ramlan menguning sesaat sebelum meninggal. Apa itu kanker hati dan bagaimana gejala, serta penyebabnya?

Kanker hati merupakan kanker yang bermula dari organ hati atau liver. Penyakit ini cenderung langka, yakni kurang dari 150.000 kasus per tahun di Indonesia. Sebagaimana kanker, penyakit ini memiliki gejala awal yang tak tampak.

Namun umumnya, penderita kanker hati mengalami sejumlah gejala seperti penurunan berat badan, nyeri perut, muntah, dan kulit menguning. "Kebanyakan orang tidak memiliki tanda dan gejala pada tahap awal kanker hati primer," demikian dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, gejala lain yang umum dirasakan mereka yang terkena kanker umum, antara lain kehilangan selera makan, nyeri perut di bagian atas, kelelahan kronis, perut bengkak, dan tinja berwarna putih, serta berkapur.

Sementara itu, penyebab kanker hati masih belum jelas. Di beberapa kasus, kanker hati disebabkan oleh infeksi kronis dengan virus hepatitis tertentu.

Meskipun penyebabnya masih belum jelas, ada beberapa faktor risiko yang perlu diwaspadai. Misalnya, punya risiko diwarisi dari keluarga, diabetes, menderita sirosis, dan konsumsi alkohol berlebihan. 

Kanker hati juga jarang bisa disembuhkan kecuali memperlambat efeknya dengan perawatan medis. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kanker hati, yaitu mulai menjalani hidup sehat. Di antaranya membatasi konsumsi alkohol, mempertahankan berat badan yang sehat, dan melakukan vaksinasi terhadap beragam jenis hepatitis.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: