Mengenal Pentingnya Nutrisi Enteral dan Parenteral pada Pasien Rawat Inap

Vien Dimyati · Jumat, 27 Mei 2022 - 12:17:00 WIB
Mengenal Pentingnya Nutrisi Enteral dan Parenteral pada Pasien Rawat Inap
Mengenal nutrisi penting yang harus didapatkan pasien rawat inap (Foto: new Hampshire bulletin)

JAKARTA, iNews.id - Malnutrisi hingga saat ini masih menjadi persoalan besar di Indonesia. Bahkan, malnutrisi sering terjadi pada pasien rawat inap di rumah sakit. 

Berbagai penelitian menemukan, komplikasi terkait malnutrisi meningkatkan lama rawat inap dan frekuensi pasien perlu dirawat kembali di rumah sakit, bahkan meningkatkan risiko kematian. 

Dr. Nurhayat Usman dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia mengatakan, malnutrisi adalah kondisi yang merujuk pada kekurangan gizi seperti protein, karbohidrat, mineral atau zat mikronutrisi. 

"Malnutrisi disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kondisi medis pada pasien. Pemenuhan nutrisi sangat penting untuk mencegah malnutrisi, terutama pada pasien rawat inap di rumah sakit," ujar Dr. Nurhayat Usman melalui keterangan virtualnya belum lama ini.

Dia menjelaskan, dukungan nutrisi sangat diperlukan untuk mencegah komplikasi dan pemulihan kesehatan secara menyeluruh dari pasien. Komplikasi termasuk infeksi, ulkus dekubitus, patah tulang, serta komplikasi paru, ginjal dan hati.

Menurutnya, nutrisi yang diberikan pada pasien rawat inap bisa berupa makanan/minuman, nutrisi enteral dan nutrisi parenteral. Pasien yang tidak bisa menerima makanan dan minuman bisa menerima nutrisi berupa enteral dan parenteral. Nutrisi enteral bisa diberikan secara langsung lewat mulut maupun lewat NGT. Nutrisi parenteral diberikan melalui infus.

Lebih lanjut Dr. Nurhayat Usman, menyampaikan, dalam riset prevalensi malnutrisi pertama di Asia, Indonesia menjadi bagian dari riset bersama dengan 6 negara lainnya, yaitu Korea Selatan, India, Taiwan, Vietnam, Filipina dan Thailand.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: