Mengintip Profesi Dokter Hewan, Ada yang Pilih Jadi Aktivitis Perlindungan Binatang Telantar

Nuriwan Tri Hendrawan · Minggu, 15 Mei 2022 - 08:52:00 WIB
Mengintip Profesi Dokter Hewan, Ada yang Pilih Jadi Aktivitis Perlindungan Binatang Telantar
Drh Merry lebih memilih terjun membantu binatang terlantar dan mengalami kekerasan manusia dibandingkan membuka klinik hewan peliharaan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Profesi seorang dokter hewan memiliki peran dan tanggung jawab penting terhadap kesehatan binatang dan lingkungan sekitar. Mereka berupaya meningkatkan kesejahteraan hewan, serta kesehatan masyarakat berkaitan dengan penyakit pada bintang atau sejenisnya. 

Dalam mengemban tugas tersebut, para dokter hewan memilih jalur karier berbeda-beda. Pada umumnya, setelah pendidikan selesai seorang dokter hewan akan membuka praktik pribadi seperti klinik atau rumah sakit untuk membantu hewan-hewan peliharaan

Namun berbeda dengan Drh Merry. Dia tidak menempuh jalur seperti kebanyakan rekannya, tapi terjun membantu binatang terlantar dan mengalami kekerasan manusia. 

Dia memilih menjadi seorang aktivis dan melanjutkan kariernya sebagai shelter vet di lembaga Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Drh Merry ingin turun tangan mensejahterakan kehidupan hewan dalam bentuk praktik maupun advokasi, seperti mengambil andil mengubah kebijakan di pemerintah dan mengedukasi masyarakat luas. 

“Saya bisa dapat privilege yaitu platform baik itu di media nasional untuk saya speak up terkait isu yang memang saya concern dan saya perjuangkan yaitu kesejahteraan hewan dan kesejahteraan shelter. Kemudian saya terus berkembang dan bersyukur mendapatkan pencapaian untuk dipercayai menjadi Ketua Yayasan JAAN," ujarnya dalam IG Live yang digelar The SCRB Project. 

Dia menuturkan ini bukan perjuangan satu tahun melainkan delapan setengah tahun konsisten, bertumbuh dan berkembang bersama-sama belajar di JAAN. 

"Jadi menurut saya, apa yang kalian passion-kan, isu yang kalian perjuangan, dan niat baik yang kalian ingin capai, tetap konsisten dan komitmen. Akan ada reward yang kalian tidak sangka, segala sesuatu pasti ada penyeimbang” ujar Drh Merry.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: