Menkes: Puncak Omicron Tercapai, Kematian Tak Akan Sampai 500 Kasus

Muhammad Sukardi ยท Senin, 14 Februari 2022 - 16:15:00 WIB
Menkes: Puncak Omicron Tercapai, Kematian Tak Akan Sampai 500 Kasus
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat konpres situasi terkini Covid-19. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan puncak kasus Omicron di Indonesia sudah tercapai, yaitu 55 ribu kasus. Angka puncak kasus tersebut biasanya diikuti oleh puncak kematian yang mengekor 2 minggu setelahnya. 

"Puncak kasus Omicron kami sudah dapatkan yaitu 55 ribu kasus, dengan kematian 111 kasus. Ini jauh sekali dibandingkan kasus Delta di 2021," kata Menkes Budi dalam keterangan pers virtual, Senin (14/2/2022). 

Untuk kasus varian delta Kementerian Kesehatan mencatat puncak kasusnya terjadi pada 15 Juli 2021 dengan 56 ribu kasus, dan puncak kematiannya 2.069 kasus. "Polanya sama, setelah didapat puncak kasus, 2 minggu setelahnya didapat angka puncak kematian," ujar Menkes lagi.

Menkes Budi pun cukup yakin bahwa di kejadian Omicron ini puncak kematian tidak akan melebihi yang terjadi di Delta. 

"Saya cukup yakin, untuk sampai 500 kasus atau 1000 kasus itu tidak akan terjadi. Apalagi sampai ke angka 2.069 kasus seperti kejadian Delta," tuturnya. 

Dengan sudah ditemukannya puncak kasus Omicron, apa yang bisa dilakukan pemerintah dan masyarakat saat ini? 

Menkes Budi juga mengungkapkan, ada tiga kelompok yang sangat rentan. Pertama lansia, kedua pasien komorbid, dan ketiga adalah mereka yang belum divaksinasi dosis lengkap atau booster. 

"Kalau soal lansia, usia kami tidak bisa atur apa-apa. Komorbid juga tidak bisa disembuhkan dalam waktu dekat. Nah, kelompok yang belum divaksinasi yang harus difokuskan untuk tekan angka kasus dan kematian," kata Menkes.

"Karena itu, kami sangat mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin atau melengkapi vaksinasi dua dosis dan booster, segera vaksinasi. Jangan pilih-pilih vaksin, cepat vaksinasi," ujar Menkes lagi.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda