Merasa Sesak Napas, Apakah Itu Gejala Virus Corona?

Siska Permata Sari · Rabu, 25 Maret 2020 - 13:15 WIB
Merasa Sesak Napas, Apakah Itu Gejala Virus Corona?

Waspadai jika Anda alami sesak napas. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran virus corona baru (Covid-19) yang sangat cepat, membuat sebagian besar orang merasa khawatir. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi seperti Jabodetabek.

Rasa khawatir tersebut langsung muncul jika Anda mengalami sedikit bantuk, bahkan sesak napas. Ini pasti membuat Anda bertanya-tanya, apakah ini bagian dari gejala virus corona?

“Pada dasarnya, sesak napas alias dyspnea adalah sensasi subyektif yang menunjukkan bahwa sistem pernapasan kita sedang tidak berfungsi dengan baik," kata Subinoy Das, MD, selaku CEO dan Direktur Medis di Institut AS untuk Perawatan dan Penelitian Sinus Lanjut di Ohio, seperti dikutip dari Health, Rabu (25/3/2020).

Dia menjelaskan, sesak napas terjadi ketika sensasi-sensasi itu biasanya terasa seperti kerja atau usaha yang meningkat untuk bernapas, sesak dada, dan merasa tidak mendapatkan cukup oksigen.

Tidak selalu karena gejala virus korona, sesak napas juga bisa disebabkan beberapa hal. Di antaranya olahraga berat, suhu ekstrem, atau takut akan ketinggian, dan kecemasan. Namun kadang-kadang, sesak napas dapat menandakan penyakit yang lebih serius seperti asma, penyakit jantung, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

“Ketika berbicara tentang Covid-19, sesak napas diperkirakan disebabkan oleh pengembangan pneumonia, peradangan paru-paru yang terkait dengan infeksi virus corona,” kata Dr Subinoy.

Dalam hal itu, sesak napas terjadi ketika oksigen di paru-paru tidak sampai ke darah sebagai akibat dari serangan virus tersebut.

“Untuk beberapa orang yang didiagnosis dengan Covid-19, sesak napas adalah gejala yang lebih parah, dan dapat dirawat di rumah sakit dengan oksigen tambahan,” katanya.

Bagi orang yang merasa sesak napas, dia menyarankan untuk menenangkan diri. Pasalnya, sesak napas juga salah satu gejala dari kecemasan. Namun jika Anda memiliki gejala lain yang sama dengan virus corona, seperti batuk kering, demam, dan kelelahan, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.


Editor : Tuty Ocktaviany