Minuman Herbal Ini Bisa Perkuat Imunitas Tubuh, Begini Cara Membuatnya

Okezone ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 15:12 WIB
Minuman Herbal Ini Bisa Perkuat Imunitas Tubuh, Begini Cara Membuatnya

Minuman herbal bisa kuatkan imunitas tubuh. (Foto: Ilustrasi Boldsky)

JAKARTA, iNews.id – Wabah virus corona baru (Covid-19) yang terjadi saat ini, membuat banyak orang harus memperhatikan kekebalan tubuh (imunitas) mereka. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Tanama herbal dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Fungsinya pun dapat menjadi vitamin daya tahan tubuh alami.

Ada beragam herbal khas Indonesia yang sudah sangat terkenal. Seperti curcumin (kunyit dan temulawak), jahe, daun kelor, meniran, dan jinten hitam. Hasil tanaman herbal tersebut, pastinya untuk menjaga imunitas tubuh, terutama di tengah wabah virus corona yang terjadi di Indonesia.

Tanaman herbal tersebut biasanya mudah diolah menjadi minuman hangat. Namun ada hal yang harus Anda saat mengolah tanaman herbal agar khasiatnya tidak berkurang.

Sport Nutritionist & Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS, RDN, pun memberi tips untuk membuat olahan minuman hangat dari tanaman herbal. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

1. Siapkan herbal seukuran ibu jari yang masih segar dan belum terkelupas kulitnya.

2. Potong-potong herbal setebal 1-2 cm, lalu memarkan.

3. Masukkan herbal ke dalam cangkir ukuran 250 ml, lalu seduh dengan air hangat suam-suam kuku (70 derajat Celsius).

4. Diamkan selama 4 menit, lalu minum segera sampai habis.

5. Dalam kondisi sehat, minum ramuan herbal 1-2 cangkir dalam sehari.

6. Sisa herbal yang belum diolah harus divakum terlebih dahulu untuk menghindari oksidasi dan paparan sinar ultraviolet.

7. Simpan sisa herbal yang sudah divakum ke dalam kulkas.

8. Menyimpan sediaan herbal dalam waktu lama akan menghilangkan khasiat zat aktif yang ada di dalamnya. Karena itu, disarankan untuk masyarakat menyimpan dalam jumlah yang secukupnya. Demikian dikutip dari Okezone, Rabu (25/3/2020).


Editor : Tuty Ocktaviany