MNC Peduli dan RS St. Carolus Ingatkan Pentingnya Imunisasi untuk Anak

Novie Fauziah · Selasa, 26 April 2022 - 18:14:00 WIB
MNC Peduli dan RS St. Carolus Ingatkan Pentingnya Imunisasi untuk Anak
Ilustrasi Imunisasi pada anak. (Foto: dok MPI)

JAKARTA, iNews.id - Pentingnya pemberian imunisasi kepada anak, akan memengaruhi tumbuh kembang hingga masa depannya. Untuk itu MNC Peduli dan RS St. Carolus dalam pekan imunisasi sedunia yang diperingati pada 24 hingga 30 April, menjadi pengingat bagi ibu dan ayah, tentang keharusan menjaga anak sejak dini melalui imunisasi.

Dalam momen yang penting ini, MNC Peduli bekerjasama dengan RS St. Carolus menyelenggarakan talkshow melalui instagram live pada program Cerita Kita: Pentingnya Imunisasi Pada Anak. Instagram live dilaksanakan melalui akun instagram @mncpeduli.id dan @rscarolusjakarta pada Selasa (26/4/2022).

Praktisi dokter spesialis anak RS St. Carolus, dr. Maria Martina Siboe mengatakan, anak bisa diberikan imunisasi mulai dari usia 0 hingga 18 tahun. Meski terlihat agak terlambat, namun harus tetap diberikan.

"Penting gak sih? Penting banget. Kita anggap (imunisasi) sebagai investasi masa depan," katanya dalam, live Instagram bersama MNC Peduli.

Talkshow pentingnya imunisasi pada anak MNC Peduli dan St. Carolus. (Foto: Novie)
Talkshow pentingnya imunisasi pada anak MNC Peduli dan St. Carolus. (Foto: Novie)

Lebih lanjut, pemberian imunisasi ini juga dapat mencegah adanya komplikasi penyakit dari anak itu sendiri. Sehingga orang tua jangan sampai keliru dengan adanya pemahaman terkait imunisasi kepada anaknya.

Menurut dr. Maria, perlunya sosialisasi lebih yakni memberikan pemahaman terhadap pentingnya memberikan imunisasi kepada anak. Terdapat juga langkah-langkah yang akan menghapus stigma buruk terhadap imunisasi.

Dia menambahkan, sebagian orangtua khawatir anaknya akan terjadi sesuatu ketika diberikan imunisasi. Padahal, kata dia, setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang menyediakan pelayanan imunisasi sudah ada prosedur kesehatannya. Sehingga anak akan tetap aman, dan sehat.

Dokter Maria mengatakan, jika ibu khawatir membawa anaknya ke fasilitas kesehatan untuk diberikan imunisasi, kini ada layanan imunisasi lantatur atau layanan tanpa turun. Di mana nantinya petugas akan memberikan pelayanan drive thru, sehingga tidak perlu dibawa ke rumah sakit.

"Atau yang dibilangnya imunisasi drive thru. Tapi yang tentunya dengan balai konsultasi sebelumnya. Karena hasilnya juga pengen tahu dong, anakku tumbuh kembangnya gimana," katanya.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda