Mutasi Covid-19 Tidak Terdeteksi PCR Tes? Ini Penjelasan Kemenkes

Leonardus Selwyn ยท Kamis, 27 Mei 2021 - 09:04:00 WIB
Mutasi Covid-19 Tidak Terdeteksi PCR Tes? Ini Penjelasan Kemenkes
Petugas medis melakukan PCR Tes. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id Mutasi Covid-19 yang baru konon memiliki gejala yang unik. Bahkan ada yang bilang mutasi virus ini tidak terdeteksi oleh PCR tes. Apakah benar?
 
Kabar tentang mutasi virus baru ini mulai beredar lewat pesan berantai, yang menyebutkan gejala-gejala baru yang unik. Gejala dari mutasi Covid-19 itu tidak menimbulkan panas, namun menyerang langsung ke paru-paru penderitanya.
 
Disebutkan juga bahwa tes-tes yang tersedia saat ini seperti swab antigen dan swab PCR tidak dapat mendeteksi virus varian baru tersebut. Lantas apakah kabar ini fakta atau hanya hoax belaka?
 
Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Kamis (27/5/2021) menjelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut belum terbukti kebenarannya.
 
Belum ada bukti ilmiah terkait gejala baru pada virus Covid-19 yang sudah bermutasi. Menurut dr RA Adaninggar spPD, virus Covid-19 memang telah bermutasi dan lebih menular. Tetapi, gejalanya masih sama. Dengan gejala yang masih sama dengan sebelumnya, maka hingga saat ini pun varian virus Covid-19 masih bisa terdeteksi dengan tes PCR.
 
Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.
 
 

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel: