Nekat Mudik Temui Orangtua, Risiko Lansia Meninggal akibat Covid-19 Sudah 19,5 Kali Lipat 

Leonardus Selwyn · Senin, 10 Mei 2021 - 12:04:00 WIB
Nekat Mudik Temui Orangtua, Risiko Lansia Meninggal akibat Covid-19 Sudah 19,5 Kali Lipat 
Pemudik saat menjalani pemeriksaan protokol kesehatan di pintu penyekatan pemudik di Terminal Tegal, Minggu (9/5/2021). (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hari raya Idul Fitri 2021 tinggal beberapa hari lagi. Meski demikian masyarakat diimbau tidak nekat mudik demi bertemu orangtua. Faktanya saat ini risiko kematian lansia akibat Covid-19 sudah 19,5 kali lipat. 
 
Dilansir dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (10/5/2021), lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air terjadi karena mobilitas masyarakat yang tinggi. Dengan melakukan perjalanan mudik Lebaran, bisa jadi Anda membawa virus Covid-19 dan menularkan ke orangtua di kampung halaman. 

Mudik ke kampung halaman berisiko membawa dan menularkan Covid-19 pada orangtua di kampung. (Foto: Instagram)
Mudik ke kampung halaman berisiko membawa dan menularkan Covid-19 pada orangtua di kampung. (Foto: Instagram)


 
Sebagaimana diketahui orangtua, kakek, nenek, yang ada di kampung halaman adalah kelompok rentan yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. Selain itu orang lanjut usia (lansia) juga menjadi kontributor dengan persentase tinggi dari kasus dan kematian akibat Covid-19.
 
Merangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, berikut risiko kematian akibat Covid-19 berdasarkan data rentang usia. Yuk, disimak.
 
1.Usia lebih tua >60 tahun lebih berisiko hingga 19,5 kali lipat.
2.Usia 46-59 tahun lebih berisiko hingga 8,5 kali lipat.
3.Usia 31-45 tahun lebih berisiko 2,4 kali lipat.
 
Oleh sebab itu, masyarakat yang benar-benar sayang dengan keluarga di kampung halaman, diimbau untuk tidak nekat mudik 2021. Tetap bersilahturahmi dengan keluarga tercinta secara virtual dan terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak.
 

Editor : Elvira Anna

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda