OTG dan Sempat Positif? Ini Kriteria Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh setelah Isolasi

Muhammad Sukardi ยท Sabtu, 05 Februari 2022 - 13:50:00 WIB
OTG dan Sempat Positif? Ini Kriteria Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh setelah Isolasi
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Reuters).

JAKARTA, iNews.id - Pasien Covid-19 tanpa gejala atau asimptomatik yang kerap disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) kerap bingung kapan dirinya dinyatakan sembuh atau selesai isolasi agar tidak dianggap akan menularkan virus ke orang lain. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan pedoman untuk menentukan pasien Covid-19 tanpa gejala dinyatakan selesai isolasi atau sembuh. Salah satunya berpatokan pada lama isolasi yang sudah dijalani. 

"Pada kasus konfirmasi Covid-19 yang tak bergejala, isolasi dilakukan selama minimal 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi," bunyi  laporan resmi Kemenkes, dikutip iNews.id, Sabtu (5/2/2022). 

Lalu bagaimana jika pasien Covid-19 bergejala, apakah syaratnya sama? 

Dalam laporan Kemenkes tersebut disebutkan bahwa pada kasus konfirmasi Covid-19 dengan gejala, isolasi dilakukan selama 10 hari sejak muncul gejala ditambah dengan sekurang-kurangnya 3 hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan. 

"Dengan demikian, untuk kasus yang mengalami gejala selama 10 hari atau kurang, harus menjalani isolasi selama 13 hari. Jika masih ada gejala setelah 10 hari, maka isolasi mandiri tetap dilanjutkan sampai dengan hilangnya gejala tersebut ditambah 3 hari," keterangan laman Kemenkes. 

Bagaimana jika situasi pasien konfirmasi positif Covid-19 namun sudah mengalami perbaikan klinis pada saat isolasi mandiri atau isolasi terpusat? 

Dalam kondisi tersebut, Kemenkes menyatakan Anda dapat melakukan pemeriksaan NAAR termasuk pemeriksaan RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 dengan selang waktu pemeriksaan 24 jam. 

Jika hasil negatif atau Ct<35 2 kali berturut-turut, maka dapat dinyatakan selesai isolasinya. "Pembiayaan pemeriksaan dilakukan secara mandiri," masih dari sumber yang sama.

Namun apa jadinya jika pasien konfirmasi Covid-19 sudah mengalami perbaikan klinis pada saat isolasi mandiri atau isolasi terpusat, tapi tidak melakukan pemeriksaan NAAT termasuk RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 selang waktu 24 jam? 

"Untuk kondisi tersebut, pasien harus melakukan isolasi sebagaimana ketentuan kriteria selesai isolasi atau sembuh yang sudah ditetapkan Kemenkes," kata laporan tersebut. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda