3 Penyebab Vertigo, Waspada Jika Telinga Anda Sering Sakit

Ratu Syra Quirinno · Minggu, 28 November 2021 - 11:35:00 WIB
3 Penyebab Vertigo, Waspada Jika Telinga Anda Sering Sakit
Penyebab vertigo yang mengakibatkan pusing luar biasa. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.idVertigo sebuah gejala sakit kepala yang tidak biasa, di mana saat kambuh akan terasa tubuh tidak seimbang. Lantas apa penyebab vertigo? Apakah jika merasa pusing seperti berputar atau dunia di sekitar Anda berputar, adalah tanda-tanda vertigo.

Melansir dari Webmd, Minggu (28/11/2021), penyebab vertigo bisa jadi karena masalah telinga bagian dalam. Beberapa penyebab vertigo paling umum kebanyakan karena masalah di bagian dalam telinga. 


Berikut ini 3 penyebab vertigo yang dilansir dari berbagai sumber: 

1. Ada keanehan di telingan bagian 

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Inisial ini adalah singkatan dari vertigo posisi paroksismal jinak. BPPV terjadi ketika partikel kalsium kecil (canaliths) lepas dari lokasi normalnya dan terkumpul di telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh relatif terhadap gravitasi. Ini membantu Anda menjaga keseimbangan.

BPPV dapat terjadi tanpa alasan yang diketahui dan mungkin berhubungan dengan usia.

2. Penumpukan cairan di telinga

Penyakit Meniere ini adalah gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di telinga. Ini dapat menyebabkan vertigo telinga berdenging (tinnitus) dan gangguan pendengaran.

3. Infeksi karena virus

Neuritis vestibular atau labirinitis. Ini adalah masalah telinga bagian dalam yang biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya virus). Infeksi menyebabkan peradangan di telinga bagian dalam di sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan indera tubuh.  

Lantas bagaimana pengobatan Vertigo?

Pengobatan vertigo bergantung pada apa yang menyebabkannya. Dalam banyak kasus, vertigo hilang tanpa pengobatan apapun. Ini karena otak Anda mampu beradaptasi, dengan perubahan telinga bagian dalam, dengan mengandalkan mekanisme lain untuk menjaga keseimbangan.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda