Rajin Cek Label Hand Sanitizer, Ada Kandungan yang Picu Kanker

Muhammad Sukardi ยท Senin, 05 April 2021 - 10:39:00 WIB
Rajin Cek Label Hand Sanitizer, Ada Kandungan yang Picu Kanker
Hand sanitizer. (Foto: Reuters)

AMERIKA SERIKAT, iNews.id - Laporan terbaru yang diterbitkan di Amerika Serikat memperingatkan masyarakat untuk menghindari penggunaan hand sanitizer yang mengandung benzena atau bahan kimia beracun dengan kadar tinggi. Benzena dianggap mampu memicu pembentukan sel kanker di tubuh manusia. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dan Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) mendefinisikan benzena sebagai karsinogen dan menjelaskan tubuh manusia dapat terpapar benzena hanya lewat hirupan, penyerapan kulit, tertelan, atau kontak kulit atau mata. 

Badan penelitian genom Nasional Institutes of Health menegaskan bahwa karsinogen adalah zat kimia atau fisik tertentu yang memiliki kemampuan untuk menyebabkan kanker dan benzena salah satunya. 

Studi dilakukan oleh Valisure, apotek online yang berbasis di New Haven, memeriksa 260 botol hand sanitizer dari 168 merek dan ditemukan 17% di antaranya mengandung benzena dengan tingkat yang cukup tinggi. 

Dari data tersebut, ditemukan 44 batch yang mengandung benzena tertinggi pada 16,1 ppm per botol hand sanitizer. Angka tersebut lebih tinggi delapan kali lipat dari batas yang diizinkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) yaitu 2 ppm benzena pada produk hand sanitizer. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2